ArtikelPedagogi

Alat Permainan Educative (APE) Yang digemari anak TK

Alat Permainan Educative (APE) Yang digemari anak TK, Kegiatan yang sangat digemari anak TK adalah kegiatan bermain. Hampir semua kegiatan bermain menggunakan alat permainan. Adapun jenis atau bahan untuk membuat alat permainan ada yang dari buatan pabrik dan buatansendiri yang diambil dari lingkungan sekitar.

Alat permainan Educative merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran anak di TK. Ketersediaan alat permainan tersebut sangat menunjang terselenggaranya pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal.

Kekayaan alam sebagai Alat Permainan Educative (APE)

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya raya di bidang sumber alam. Kekayaan alam ini perlu digali dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa. Karena itu perlu pengenalan dan pemberian kesempatan untuk mengeksplorasi alam dan kekayaannya sejak sedini mungkin.

Sesuai dengan tahapan perkembangannya, rasa ingin tahu anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Rasa ingin tahu tersebut perlu difasilitasi oleh orang dewasa sehingga akan mendatangkan manfaat bagi dirinya dan masyarakat di sekitarnya.

Sebagaimana kata-kata bijak ”teach less learn more” yang maksudnya agar pendidik tidak perlu mengajar banyak untuk memenuhi rasa ingin tahu anak. Cukup dengan memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk terus mempelajari semua yang ada di sekitarnya untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka.

Anak usia dini mulai dapat diperkenalkan dengan alam. Pembelajaran anak usia dini dengan melibatkan lingkungan sekitar anak, dapat memperkaya pengalaman anak. Anak akan belajar bereksperimen, bereksplorasi dan menginvestigasi lingkungan sekitarnya, sehingga anak mampu membangun suatu pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada masa dewasanya.

Baca juga Fungsi Sumber Belajar dalam proses pembelajaran

Pembelajaran sains di taman kanak-kanak dapat memfasilitasi keingintahuan anak dengan alam sekitarnya. Melalui penggunaan alat permainan Educative dengan bahan limbah pembelajaran sains akan lebih menarik dan menyenangkan serta mengajak anak untuk ikut melestarikan lingkungan sekitar.

Baca juga Hakekat Sumber Belajar dalam dunia Pendidikan

Gambar 52a. Banyak manfaat belajar di alam terbuka (ilustrasi foto/Titiknol)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button