ArtikelPedagogi

Aplikasi Media dan Sumber Belajar PAUD

Aplikasi Media dan Sumber Belajar PAUD, Mengajar merupakan aktivitas profesional yang memerlukan keterampilan tingkat tinggi. Seorang guru berfungsi sebagai pengelola proses pembelajaran yang melaksanakan empat macam tugas yaitu :

merencanakan pengajaran untuk jangka panjang dan jangka pendek; mengatur proses pembelajaran; mengarahkan, memberi motivasi, inspirasi kepada siswa untuk belajar dan mengevaluasi hsil dan proses belajar.

Anak usia taman kanak-kanak mempunyai keunikan yaitu sepanjang kegiatan sehari-hari selalu diwarnai dengan kegiatan bermain, sehingga dikatakan bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu strategi pembelajaran di taman kanak-kanak paling tepat bila dilakukan dengan bentuk bermain.

Anak taman kanak-kanak berada pada usia 4-6 tahun termasuk kategori anak prasekolah pada sub tingkat berpikir intuitif. Ciri khas masa ini adalah kemampuan anak menggunakan simbol yang mewakili sesuatu konsep. Kemampuan simbolik ini memungkinkan anak melakukan tindakan-tindakan yang berkaitan dengan hal-hal yang dilalui.

Perkembangan Kognitif

Ditinjau dari perkembangan kognitif, anak usia 4-6 tahun ditandai dengan kemampuan anak melakukan kegiatan representasi mental yaitu suatu kemampuan untuk menghadirkan benda, objek, orang, dan peristiwa secara mental.

Hal ini berarti anak telah memiliki kemampuan untuk membayangkan benda, objek, orang, dan peristiwa didlaam pemikirannya walaupun semuanya tidak hadir secara empirik dihadapan anak.

Penggunaan media dan sumber belajar yang tepat dalam pembelajaran akan sangat membantu siswa dalam menerima pesan yang disampaikan oeh guru. Selain itu siswa akan mempunyai gairah dan motivasi unutk belajar.

Dengan menggunakan media dan sumber belajar yang tepat, kemampuan siswa dalam memahami apa yang disampaikan dapat diterima secara baik, disamping itu juga guru dituntut untuk memiliki keahlian dalam memilih dan membuatnya.

Pembelajaran dengan menggunakan media dan sumber belajar di taman kanakkanak akan menggali informasi tambahan untuk memperkaya materi yang akan diberikan kepada siswa sehingga guru dalam menyajikannya tidak bersifat text book.

Kualitas Media

Namun demikian perlu kita ketahui bersama bahwa kualitas media dan sumber belajar yang digunakan juga mempengaruhi kemurnian dari informasi yang dikandungnya.

Pemahaman guru taman kanak-kanak akan pentingnya media dan sumber belajar akan mempengaruhi dalam proses pembelajaran. Motivsi, kreativitas, dan kemampuan guru taman kanak-kanak dalam menggunakan media dan sumber belajar merupakan faktor penting yang harus dikuasainya sehingga kegiatan pembelajaran pada taman kanak-kanak menjadi lebih baik.

Media atau bahan kreatif sekaligus dapat menunjang kreativitas anak. Media kreatif untuk anak-anak khususnya usia Taman Kanak-kanak biasanya berhubungan dengan kegiatan bermain anak. Karena pada dasarnya anak usia Taman kanak-kanak berada pada tahap bermain. Oleh karena itu bahan atau media yang digunakan adalah mainan untuk anak, diantaranya adalah :

  • Kotak dengan berbagai ukuran
  • Pakaian yang terlalu kecil atau tidak terpakai lagi
  • Potongan-potongan benang
  • Segala benda yang beroda (misalnya kereta bayi tua, kereta belanja, atau kereta dorong)
  • Peralatan dapur yang tidak terpakai lagi
  • Gelas,mangkuk dan wadah bekas makanan
  • Potongan perca dari berbagai ukuran
  • Segala macam kertas, surat kabar, kertas gambar, karton, kertas warna
  • Majalah berisi foto dan gambar yang berwarna cerah
  • Bahan pengeras terutama yang bentuknya aneh dan pembalut alat elektronik atau peralatan lain (Bean, 1995 : 49).
Gambar 51a. Kualitas media pembelajaran mempengaruhi kemurnian informasi (ilustrasi foto/Parenting – dream.co.id)

Media Kreatif

Aplikasi Media dan Sumber Belajar AUD, Media kreatif yang digunakan sebagai media pembelajaran anak pada dasarnya tidak perlu mahal dan biasanya merupakan bahan-bahan sekitar yang sudah tidak terpakai lagi. Catherine mengungkapkan beberapa media kreatif yang berasal dari barang yang tidak terpakai tetapi masih bisa digunakan diantaranya adalah :

Barang rongsokan yang dimasukkan ke dalam wadah termasuk karton, kotak korek api, pipa dari gulungan kertas tisu, kelos benang, kotak telor, potongan bahan pakaian, pita, tape, tutup botol, gabus, kaleng plastik, botol, kaleng, karton. Kancing, wol, selang, karet, bulu unggas, kerikil, manik-manik, penjepit kertas, klip dan benang. (1989 : 82)

Baca juga Enam Jenis Sumber belajar yang bisa dipergunakan

Media belajar anak usia TK pada umumnya merupakan alat-alat permainan. Pada prinsipnya media belajar berguna untuk memudahkan siswa belajar memahami sesuatu yang mungkin sulit atau menyederhanakan sesuatu yang kompleks.

Media belajar anak tidak harus mahal, bahkan dapat diperoleh dari benda-benda yang tidak dipakai. Untuk itu, guru perlu bekerjasama dengan orang tua dan masyarakat untuk memperoleh bendabenda yang dapat digunakan untuk media belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker