PJJ IPS KELAS 9

Upaya yang dilakukan UMKM agar dapat bersaing di pasar bebas

Upaya yang dilakukan UMKM agar dapat bersaing di pasar bebas, Sebagaimana telah Ananda ketahui bahwa pasar bebas merupakan pasar dimana tidak ada hambatan-hambatan dalam perdagangan.

Hal ini mengakibatkan terjadinya persaingan yang ketat agar suatu produk dapat diterima oleh konsumen. Dalam pasar bebas, produk yang dihasilkan rakyat Indonesia harus mampu bersaing dengan produk dari negara lain agar laku dipasaran.

Selain memberikan tantangan, pasar bebas juga memberikan manfaat yang bisa dirasakan dalam pertumbuhan perekonomian sebuah negara.

Manfaat-manfaat yang dirasakan adalah, setiap orang menjadi bebas dalam memiliki kekayaan dan mengolah sumber daya produksi mereka, sehingga kreativitas masyarakat akan lebih berkembang.

Agar dapat bersaing dalam pasar bebas maka masyarakat terutama produsen dituntut untuk dapat menciptakan produk-produk inovatif berkualitas. Para pengusaha bertindak lebih efisien dan efektif karena mereka bergerak atas dasar prinsip ekonomi.

Pasar bebas juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai harga dan jumlah permintaan barang, sehingga para pengusaha dapat menjaga harga barang agar tetap stabil. Pengusaha memiliki peluang besar untuk meningkatkan produktivitas apabila dapat menembus pasar bebas.

Pundamental Perekonomian Indonesia

Belum kokohnya fundamental perekonomian Indonesia saat ini, mendorong pemerintah untuk terus memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UMKM alias usaha mikro adalah usaha milik perseorangan atau badan usaha perorangan yang produktif dan memenuhi kriteria yang ditulis oleh Undang-Undang.

Sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar sehingga pemerintah wajib memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan yang lebih cenderung menggunakan modal besar.

Pentingnya sector UMKM di Indonesia tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pasca krisis ekonomi.

Tumbuh suburnya UKM serta UMKM di Indonesia dapat mengakibatkan daya beli masyarakat meningkat dan pengangguran berkurang.

Upaya yang dilakukan UMKM, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika (BPS), jumlah pengusaha di Indonesia meningkat dari 1,56% pada tahun 2014 menjadi 3,1% pada tahun 2016.

Baca juga Menganalisis Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang

UMKM Salah satu Pundamental Perekonomian Indonesia (ilustrasi foto/matakita.com)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button