Advertisement
Advertisement
ArtikelBerita

Usia Ideal Anak Memulai Pendidikan Karakter Paling Tepat

Advertisement

Usia Ideal Anak Memulai Pendidikan Karakter Paling Tepat. Memberikan pendidikan karakter pada anak menjadi nilai fokus pemerintah untuk mewujudkan tujuan dari sumber daya manusia. Pendidikan ini biasanya dilakukan ketika anak masih kecil. Yakni ketika anak tersebut berusia nol hingga enam tahun.

Ketika anak masih dalam usia tersebut, kepribadian masih mudah untuk dibentuk. Karena itu, orang tua perlu memberikan pendidikan yang baik demi menyusun kepribadian baik dalam diri anak secara perlahan.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kami akan memberikan berbagai informasi mengenai usia yang paling tepat bagi anak untuk mendapatkan pendidikan.

Advertisement

Berapa Usia Ideal Anak Memulai Pendidikan Karakter dan Apa Saja Manfaatnya?

Tiap-tiap orang tua pastinya ingin memberikan pendidikan terbaik dan berkualitas untuk putranya. Kini pendidikan dimulai dari usia dini, dimana pendidikan anak berawal dari orang tua. Biasanya pendidikan karakter anak akan bermula ketika dia berusia 1-6 tahun.

Di usia tersebut anak masih mudah untuk dibentuk dan dalam masa pengembangan. Selain memberikan pelajaran mengenai karakter secara mandiri, Anda juga bisa memasukan anak ke PAUD. Walau masih ada beberapa orang tua yang langsung memasukan anak ke TK, namun PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) juga penting.

Manfaat anak masuk ke PAUD sebelum ke TK dan SD ada banyak. Anak juga bisa mendapatkan teman lebih banyak sebelum dia masuk ke TK. Selain itu, PAUD juga bisa memberikan rangsangan dalam pendidikan dan tahap tumbuh kembang anak.

Karena hampir semua aktivitas anak bisa dilakukan lewat pendekatan dan bermain sekaligus belajar. Pendidikan dini yang berkualitas penting untuk proses pembelajaran anak. Karena pendidikan usia dini itu sangat berperan dalam memberikan pengalaman anak.

Pendidikan PAUD non formal biasanya dilakukan oleh orang tua di rumah. Usia normal masuk PAUD terbagi menjadi 3 kelompok.

  • Bayi ketika usianya masih 0-1 tahun.
  • Balita usia 2-3 tahun.
  • Dan kelompok bermain ketika usianya 3-6 tahun.

Lalu apa saja manfaat yang diberikan dari pendidikan usia dini ini? Untuk mengetahui, Anda bisa simak artikel ini hingga akhir.

Advertisement

Membuat Anak Mengikuti Arahan

Ketika anak masih dalam masa pengembangan atau usia dini, maka akan mudah untuk diarahkan. Ketika bersekolah, anak akan mengetahui kalau arahan dari gurunya akan memberikan keuntungan untuknya. Guru bisa memberikan alasan yang baik agar anak bisa melakukan kegiatan tersebut dengan bahagia.

Dari kegiatan tersebut, anak akan melihat guru dan temanya sebagai sosok contoh yang baik. Anak tersebut akan menirukan dan mengerti arahan yang diberikan dengan baik.

Baca juga Piaget dan perkembangan belajar anak

Advertisement

Membantu Anak Menyesuaikan Diri di Sekolah

Karena Anda sudah memberikan pendidikan karakter yang baik di rumah, maka anak bisa mengerti dan menyesuaikan diri ketika bersekolah.

Anak bisa lebih mudah untuk mengenal rutinitas sekolah, seperti cuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan, bermain dengan teman, dan mengenal huruf serta angka. Selain itu, anak juga bisa lebih disiplin dalam melakukan rutinitas sehari-hari.

Baca juga Proses terbentuknya pranata sosial adalah bagian dari pembentukan karakter masyarakat

Advertisement

Membantu Perkembangan Emosional

Perkembangan emosional anak akan berkembang dengan baik jika dilandasi dengan karakter yang baik pula. Kemampuan tersebut jelas bisa membantu anak berinteraksi dengan efektif. Lewat sekolah dan PAUD, anak dapat belajar untuk lebih mengendalikan diri.

Mereka akan percaya bisa melakukan hal-hal kecil sendiri. Lewat pembelajaran seperti ini, anak diajarkan untuk mengerti tentang mengetahui apa yang mereka rasakan. Dengan begitu, sang anak juga mengetahui seperti apa cara pemecahan masalah mandiri.

Pendidikan karakter anak saat masih kecil merupakan hal yang paling mudah. Di usia tersebut anak lebih mudah dibentuk, jadi Anda bisa mulai mengajari anak dari usia tersebut.

Gambar. Usia Ideal Anak Memulai Pendidikan Karakter Paling Tepat (foto/istimewa)

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button