PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis manfaat perdagangan internasional di bidang politik

Menganalisis manfaat perdagangan internasional di bidang politik, sosial dan ekonomi, Sebagaimana Ananda ketahui bahwa perdagangan internasional memberikan manfaat yang besar bagi suatu negara, karena dengan perdagangan suatu negara dapat memenuhi kebutuhannya.

Sebagai contoh Indonesia belum mampu membuat motor maka Indonesia mengimpor motor dari Jepang untuk memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia. Begitu pula dengan Jepang, utuk memenuhi kebutuhannya akan tambang minyak bumi, Jepang membeli dari Indonesia.

Disamping dengan Jepang, Indonesia juga memiliki hubungan dagang dengan negara-negara lain. Ada sejumlah komoditas yang rutin diekspor Indonesia misalnya saja batu bara dan kelapa sawit, disamping itu Indonesia juga rutin mengimpor besi, baja, plastik dan kedelai.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, nilai impor Indonesia di Oktober 2019 mencapai 14,77 miliar dollar, naik 3,57 persen dibandingkan September 2019. Dengan kegiatan perdagangan tersebut maka Indonesia dapat memenuhi kebutuhan dalam negerinya, begitu juga negara-negara lain.

Rangkuman

  1. Persamaan antar negara dapat mendorong terjadinya perdagangan internasional, misalnya persamaan hasil tambang minyak bumi mendorong negara-negara penghasil minyak melakukan kerjasama dalam perdagangan agar sama-sama dapat menjaga kestabilan harga minyak
  2. Perbedaan juga menjadi faktor pendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional, sebagai contoh perbedaan hasil alam mendorong terjadinya kerjasama antara Indonesia dan Australia. Indonesia tidak memiliki hasil alam gandum karena iklim yang tidak sesuai, sedangkan Australia karena memiliki iklim subtropis maka Australia menghasilkan gandum. Perbedaan tersebut menyebabkan terjadinya hubungan dagang antara Indonesia dengan Australia
  3. Perdagangan internasional memberikan manfaat bagi negara-negara yang melakukannya, baik manfaat di bidang politik, ekonomi, maupun sosial

Refleksi

Menganalisis manfaat perdagangan internasional di bidang politik, sosial dan ekonomi , Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran di atas, tuliskan hal-hal sebagai berikut.

  1. Bagaimana perasaan Ananda mempelajari modul pada pembelajaran 2 ini? Apakah senang atau kurang senang? Berilah alasannya!
  2. Pengetahuan tentang apa saja yang Ananda peroleh setelah melaksanakan proses belajar?
  3. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajar materi di atas?
  4. Hal-hal apa yang menurut Ananda sulit dikuasai dalam mempelajari materi ini?

Baca juga Perlawanan Terhadap Persekutuan Dagang Kolonialisme dan Imperialisme

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kerjasama Perdagangan Internasional (ilustrasi foto/amartha blog)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button