Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Perkembangan Kehidupan Masyarakat Masa Reformasi

Advertisement

Menganalisis Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada Reformasi, Kehidupan pada masa sekarang disebut kehidupan masa reformasi. Reformasi merupakan gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional.

Reformasi di Indonesia adalah masa setelah berakhirnya pemerintahan Orde Baru. Masa reformasi dimulai pada tanggal 21 Mei 1988 saat Presiden Soeharto mengundurkan diri dan digantikan oleh Wakil Presiden B.J. Habibie. Masa reformasi terus berlanjut hingga saat ini.

Perkembangan Politik Masa Reformasi

Perkembangan apa saja yang terjadi dalam bidang politik pada masa reformasi? Pada tahun 1998 diselenggarakan Sidang Istimewa MPR 1998 yang menentapkan langkah pemerintah dalam melaksanakan reformasi di segala bidang.

Advertisement
Gambar 66a. Sidang istimewa MPR 1998 (ilustrasi foto/Suara Investor)

Salah satu masalah ketidakmerataan pembangunan pada masa orde baru adalah sentralisasi atau pemusatan kekuasaan. Pada masa reformasi, daerah (provinsi dan kabupaten) diberikan keleluasaan yang lebih longgar dalam menetapkan kebijakan dalam pembangunan.

Wewenang khusus berupa hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan disebut otonomi daerah.

Tetkait partai politik, pada masa reformasi dilakukan pencabutan pembatasan partai politik. Karena itu pada masa reformasi tumbuh banyak partai politik.

Menganalisis Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada masa Reformasi terjadi pemilu yang lebih demokratis dibandingkan pada masa orde baru. Hingga tahun 2020, bangsa Indonesia telah melaksanakan lima kali pemilihan umam, yaitu pemilu tahun 1999, 2004, 2009, dan 2014, dan 2019.

Pada masa reformasi juga terjadi penghapusan Dwi Fungsi ABRI. Pada masa reformasi Dwi Fungsi ABRI dihapuskan secara bertahap sehingga ABRI berkonsentrasi pada fungsi pertahanan dan keamanan.

Baca juga B.J. Habibie Menggantikan Soeharto Sebagai Presiden RI Ketiga

Advertisement

Pemilu pada masa Orde Reformasi pertama terselenggara pada tanggal 7 Juni 1999. Masa-masa penerapan sistem multi partai seperti pada era Demokrasi Liberal ternyata terulang kembali pada era “Orde Reformasi”. Bahkan jumlah partai pada era reformasi ini paling besar, yaitu sebanyak 48 partai.

Gambar 66b. Pemilu pada masa orde baru di ikutin sebanyak 48 partai (ilustrasi foto/Kompas.com)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button