PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis pentingnya ekonomi kreatif Bagi Anak Muda

Menganalisis pentingnya ekonomi kreatif Bagi Anak Muda, Setelah Ananda memahami tentang konsep ekonomi kreatif tentunya Ananda memahami betapa pentingnya ekonomi kreatif pada era revolusi industri 4.0 dan perdagangan bebas.

Dalam situasi persaingan yang ketat menuntut seseorang memiliki ide-ide kreatif. Ide-ide kreatif akan menghasilkan keunggulan dan keistimewaan yang lebih dari negara lain. Disamping itu agar produk-produk dalam negeri tidak tergerus oleh produk-produk dari luar.

Indonesia memiliki keunggulan dalam bidang ekonomi kreatif seperti kuliner dan pariwisata. Oleh karena itu bidang-bidang ini perlu ditingkatkan kualitasnya agar menghasilkan devisa bagi negara.

Pentingnya Ekonomi Kreatif Bagi Kreativitas Anak Muda

Di era keterbatasan lapangan pekerjaan seperti saat ini, anak muda membutuhkan bekal berupa soft skill (keterampilan) agar mampu berdaya saing, salah satunya memiliki keterampilan berwirausaha atau entrepreneurship.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Pada tahun 2013 ekonomi kreatif kita berkontribusi 7,05% pada Gross Domestic Product dan itu sekitar Rp 641.815 M.

Sudah sangat jelas potensi industri kreatif ini sangat membantu perekonomian negara. Lalu bagaimana membuat industri kreatif ini tetap berjalan dan bahkan bisa berkontribusi lebih besar lagi terhadap perekonomian. Disinilah peran aktif pemuda terhadap industri ekonomi kreatif tersebut.

Mengapa harus pemuda? Karena pemuda, mereka masih muda dimana pemikiran atau ide mereka biasanya fresh baru inovatif karena kita disini berbicara tentanag kreatiftas yang mana sangat identik dengan kaum muda.

Dan disinilah tantangan untuk para pemuda mengembangkan industri kreatif. Industri kreatif membutuhkan mereka yang tahan banting dan pantang menyerah sangat cocok untuk jiwa pemuda yang sedang mencari-cari passionnya.

Baca juga Faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional

Banyak para pemuda Indonesia yang berahasil disorot dunia mengenai kekreatifitasannya, salah satunya adalah Bayu Santoso, pemuda yang satu ini berkat ke kreatititasannya dia berhasil memenangkan kontes design untuk cover album band terkenal asal Amerika Maroon 5.

Menganalisis pentingnya ekonomi kreatif, salah satu bentuk kreativitas anak muda (ilustrasi foto/Siedoo)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button