Advertisement
EkonomiSMA Kelas 11

Transaksi Keuangan Dapat diKlasifikasikan Menjadi 2 Bagian

Advertisement
Advertisement

Transaksi Keuangan Dapat diKlasifikasikan Menjadi 2 Bagian. Menurut pihak yang melakukan, transaksi keuangan dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu transaksi keuangan intern dan transaksi keuangan ekstern. Menurut sumbernya, transaksi keuangan dibedakan menjadi, transaksi yang memengaruhi modal dan transaksi yang memengaruhi kegiatan operasi perusahaan.

1. Transaksi Keuangan Internal

Transaksi keuangan internal adalah serangkaian transaksi yang terjadi secara internal tanpa melibatkan pihak dari luar perusahaan. Contohnya, penetapan pemakaian perlengkapan, dan penetapan jumlah piutang tak tertagih.

2. Transaksi Keuangan Eksternal

Transaksi keuangan eksternal adalah serangkaian transaksi yang berkaitan dengan operasi perusahaan, misalnya pembelian peralatan, dan pertukaran barang/jasa.

Baca juga Pemakai Informasi Akuntansi Internal dan Eksternal

3. Transaksi Modal

Transaksi modal adalah serangkaian transaksi yang memengaruhi modal pemilik (persero) perusahaan. Berikut ini adalah contoh transaksi modal.

  1. Setoran modal
  2. Pengambilan/penarikan modal.

4. Transaksi Usaha

Serangkaian transaksi yang berkaitan dengan operasi perusahaan. Contoh transaksi ini adalah pembelian peralatan dan pembelian barang.

Baca juga Bidang Akuntansi Menunjang Perusahaan

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site