ArtikelKhutbah JUMATRamadhan

TIGA AMALAN POKOK DI BULAN RAMADHAN DALAM MENJALANKAN PUASA

Daftar isi
  • Tiga amalan pokok Ramadhan
  • 1. Puasa
  • 2. Shalat Tarawih
  • 3. Membaca Al-Quran

Tiga amalan pokok di Bulan Ramadhan dalam menjalankan puasa. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia bagi umat Islam karena memiliki beberapa keistimewaan dan keberkahan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia:

1. Momen Penurunan Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia. Hal ini menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen yang istimewa dan penuh keberkahan bagi umat Islam.

2. Bulan Penuh Keberkahan

Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang penuh keberkahan. Dalam bulan ini, segala amal ibadah yang dilakukan umat Islam akan dilipatgandakan pahalanya. Selain itu, keberkahan bulan Ramadhan juga tercermin dalam meningkatnya kepedulian sosial, seperti dengan memperbanyak sedekah dan berbagi makanan dengan yang membutuhkan.

3. Bulan Penebus Dosa

Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan penebus dosa bagi umat Islam. Dalam bulan ini, umat Islam diharapkan untuk memperbanyak ibadah, seperti puasa dan shalat malam, yang dapat membantu menghapus dosa-dosa mereka dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

4. Momen Menjadi Lebih Baik

Bulan Ramadhan juga merupakan momen yang tepat bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas diri dan memperbaiki hubungan dengan sesama manusia. Dalam bulan ini, umat Islam diharapkan untuk memperbanyak ibadah, seperti shalat, puasa, dan sedekah, yang dapat membantu mereka menjadi lebih baik dan lebih berbakti kepada Allah SWT.

5. Momen Menjaga Kesehatan

Puasa di bulan Ramadhan juga dianggap sebagai momen yang baik untuk menjaga kesehatan. Dalam puasa, umat Islam diharapkan untuk menjaga kualitas makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga dapat membantu mereka menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Dalam rangka memanfaatkan keistimewaan bulan Ramadhan, umat Islam diharapkan untuk memperbanyak ibadah dan meningkatkan kualitas diri selama bulan ini. Dengan demikian, umat Islam dapat memperoleh manfaat yang besar dari momen yang mulia ini dan mendapatkan keberkahan serta keberlimpahan rahmat dari Allah SWT.

Baca juga KEGIATAN APA SAJA YANG BAIK DILAKUAN DI BULAN RAMADHAN?

Tiga amalan pokok Ramadhan

Ada tiga amalan pokok atau rukun ibadah yang menjadi fokus utama umat Islam selama bulan Ramadhan, yaitu:

1. Puasa

Puasa merupakan amalan pokok yang dilakukan umat Islam selama bulan Ramadhan. Puasa dalam bahasa Arab disebut sebagai “sawm”. Selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa Ramadhan bertujuan untuk membentuk kesadaran akan kekuasaan Allah SWT dan meningkatkan rasa syukur serta ketakwaan kepada-Nya.

2. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya’ selama bulan Ramadhan. Shalat Tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah bersama keluarga. Shalat Tarawih dilakukan dengan cara melaksanakan shalat Isya’ terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan shalat Tarawih yang terdiri dari delapan rakaat. Shalat Tarawih bertujuan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan.

3. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, umat Islam diharapkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran baik secara individu maupun berjamaah. Selain itu, umat Islam juga diharapkan untuk mempelajari dan memahami makna dari ayat-ayat Al-Quran. Membaca Al-Quran bertujuan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar serta untuk memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.

Dalam rangka memperoleh manfaat dan keberkahan dari bulan Ramadhan, umat Islam diharapkan untuk melaksanakan ketiga amalan pokok tersebut dengan sebaik-baiknya. Selain itu, umat Islam juga diharapkan untuk memperbanyak amalan kebaikan lainnya, seperti bersedekah dan berinfak, berdoa, dan memperbanyak dzikir.

Gambar. Tiga amalan pokok di Bulan Ramadhan dalam menjalankan puasa (ft/istimewa)
Gambar. Tiga amalan pokok di Bulan Ramadhan dalam menjalankan puasa (ft/istimewa)

Membaca Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button