Advertisement
Advertisement
Advertisement
SMP Gelora

study tour SMP Gelora goes to Yogyakarta

Advertisement

Dalam rangka menambah wawasan pengetahuan diluar lingkungan sekolah SMP Gelora mengadakan Study Tour ke Yogyakarta. Distination study tour dipilih jogyakarta karena memiliki banyak pilihan untuk dijadikan study, mulai dari studi budaya, study pendidikan bahkan study wisata.

Tanpa diikuti oleh orang tua siswa hanya didampingi oleh guru  wali kelas dan perwakilan guru sekolah siswa-siswi dituntuk untuk mempersiapkan diri untuk mandiri selama 4 hari 2 malam.Urusan keberangkatan, akomodasi, Tour Leader, bis, hotel dan konsumsi di serahkan ke travel A2C yang dipimpin saudari Fita Angraeni (Alumni SMK Ekonomika).

Keberangkatan dimulai dari Sekolah pada jam 5.0 (lima) pagi melalui route utara tol cipali setelah melalui lika-liku perlajanan akhirnya sampai ditujuan Yogyakarta kurang lebih pulul 11 malam. Sampai di hotel diberikan pembagian kunci kamar hotel dan istirahat untuk tour pada hari berikutnya.

Advertisement

Hari ke-2 Rabu, 3 Oktober 2018 kita diajak untuk wisata alam ke gunung kidul menyusuri bukit dan gunung dan berakhir ditempat wisata Air terjun Sri Getuk, panorama alam yang memukau pengunjung dan suasana alam yang sejuk menambah romantis pengunjung yang datang. Masih di sekiratan Gunung Kudul rombongan dilanjutkan wisata ke pantai Sepanjang pantai ini memang kurang indah dipandang mata tetapi rombongan bisa memikmati suasana pantai panjang.

Perjalanan hari ke-2 tidak hanya sampai disitu tetapi berlanjut ke pusat kota yang tadinya diajak wisata alam sekarang pindah ke wisata budaya di jalan Malioboro. Rombongan dikasih kesempatan selama 1.30 (satu jam setengah) untuk menikmati Malioboro. Rombongan bisa meliat suasana pasar malam sepanjang jalan Malioboro, mulai dari jajanan yang gelar leseha, penjualaan batik dan kaos oblong khas jogja. Cukup menarik untuk diperhatikan kegiatan di jalan Malioboro, banyak juga yang datang tidak hanya wisatawan dari dalam negeri, luar negeri juga cukup banyak. Wisata hari ke-2 berakhir di jalan Malioboro, rombongan kembali ke hotel untuk istirahat.

Hari terakhir difokuskan ke wisata pendidikan anak-anak diharuskan untuk membawa perlengkapan menulis dan membawa semua perlengkapan karena keluar dari hotel langsung check out. Kesempatan pertama yang dikunjungi Taman Pintar wahana wisata ini terdapat dipusat kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Panembahan Senopati No. 13. Taman ini memadukan taman wisata dan edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang memacu imajinasi pengunjung serta ketertarikan mereka kepada teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga edukasi.   https://id.wikipedia.org

Distinasi Wisata selanjutnya ke Museum Dirgantara sampai ditempat pertengahan siang hari sebelum melakukan kunjungan rombongan makan siang dan sholat terlebih dahulu.

Museum Pusat TNI AU “Dirgantara Mandala” adalah museum yang digagas oleh TNI AU untuk mengabadikan peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU bermarkas di komplek Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta. https://id.wikipedia.org

Advertisement

Kunjungan Terakhir rombongan diajak ke Candi Prambanan yang lokasinya tidak juah dari Museum Dirgantara.

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara dan Siwa sebagai dewa Pemusnah. Berdasarkan prasasti siwaghra nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (Bahasa Sangsakerta yang bermakna “rumah siwa”), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menunjukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamanakan. Komplek candi ini terletak di kecamatan Prambanan Sleman dan Kecamatan Prambanan Klaten kurang lebih 17 km timur laut Yogyakarta.

Candi ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu  candi terindah di Asia Tenggara Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang ditengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.  https://id.wikipedia.org

Advertisement

Kunjungan di candi Prambanan sebagai distinasi wisata terakhir sampai jam 18.30. dan ini menjadi rangkean acara study tour SMP Gelora goes to Yogyakarta. Panitia dan Wali Kelas VIII tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua dan semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan study tour SMP Gelora goes to Yogyakarta.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button