Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Standar Kerja dan Budaya Kerja

Advertisement

Apakah kamu masih ingat cara membuat mainan kapal dengan kertas lipat? Apakah kamu terpikir apabila kertas yang digunakan untuk melipat ukurannya tidak sesuai kebutuhan? Apakah yang terjadi apabila tahapan lipatan kertas yang dilakukan ada yang terlewat atau lupa?

1. Pengertian Standar Kerja

Nah setidaknya yang dimaksud standar kerja itu adalah ibarat pembuatan mainan kapal yang semuanya sudah dirancang mulai dari bahan dan prosesnya kerjanya.

Rancangan proses kerja itulah yang dimaksud dengan standar kerja. Istilah standar kerja sering kita mengenalnya dengan istilah Standard Operating Procedure (SOP). Coba rumuskan pengertian standar kerja menurut pendapatmu dan tuliskan dalam buku catatan.

Advertisement

2. Jenis Standar Kerja

Kalau keterampilan melipat itu ada berbagai model dan bentuk maka demikian juga jenis standar kerja perkantoran ada berbagai macam SOP yang digunakan. SOP yang terkait dengan pelayanan kerja atau proses kerja, SOP yang terkait dengan penggunaan alat, SOP yang terkait dengan K3 dan jenis SOP yang lain yang menunjukkan pelayanan di tempat umum.

3. Penerapan Standar Kerja

Upaya menciptakan pelayanan bisnis yang memuaskan dan hasil pekerjaan sesuai target, penerapan terhadap SOP secara konsisten oleh setiap karyawan harus dilakukan. 

Artikel Terkait

Konsistensi dalam penerapan standar kerja ini dapat dilakukan melalui perilaku disiplin terhadap pelaksanaan SOP di tempat kerja. Perilaku disiplin dapat diawali dengan tertib menggunakan waktu kerja, tertib dalam mengikuti aturan kerja dan SOP yang ada di tempat kerja.

Ada berapa jenis SOP yang ada di tempat kamu belajar? Coba amati dan tulis di lembar catatan kamu. Sudahkah kamu mengikuti peraturan tata tertib di sekolah dengan konsisten? Sejauh Mana kamu menaati peraturan/tata tertib sekolah?

Apabila kamu secara kualitas dan kuantitas dalam penerapan tata tertib sekolah masih belum sesuai prosedur, maka carilah informasi yang benar tentang prosedur yang berlaku di tempat belajar kamu. 

1. Pengertian Budaya Kerja

Standar Kerja dan Budaya Kerja. Konsistensi terhadap penerapan prinsip kerja yang sesuai SOP akan membentuk budaya kerja yang baik di tempat kerja. Untuk itu apa yang dimaksud budaya kerja itu? Budaya kerja merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang dalam bekerja sesuai standar kerja secara berulang-ulang atau konsisten. Agar cara kerja kita dapat menjadi sebuah budaya maka diperlukan suatu pembiasaan diri secara konsisten.

Advertisement

Pelaku pelanggaran terhadap budaya kerja sering tidak diberikan sanksi yang tegas. Namun sanksi pelanggaran terhadap standar kerja yang dilakukan sering kali terlihat seperti peringatan secara langsung dari rekan kerja, pengawas, atau pimpinan langsung.

Standar Kerja dan Budaya Kerja (foto/istimewa)

2. Pengertian Ramah Lingkungan

Dalam bab terdahulu telah dibahas mengenai konsep 5R, masihkah kamu konsisten terhadap prinsip kerja tersebut? Upaya menerapkan prinsip 5R akan membentuk budaya kerja secara pribadi yang lebih baik dalam mencapai efisiensi bekerja. Prinsip kerja tersebut akan membentuk budaya kerja yang ramah lingkungan.

Perilaku ramah lingkungan merupakan perilaku kerja dengan menggunakan konsep 5R yang diterapkan pada SOP di tempat kerja. Standar kerja yang ramah lingkungan juga dapat terlihat secara kasat mata dalam perilaku kerja.

Advertisement

Standar Kerja dan Budaya Kerja. Contohnya, ruang kerja yang selalu bersih, peka terhadap lingkungan kerja yang terlihat kurang atau tidak sesuai standar untuk dapat dilakukan dengan perbaikan atau pembenahan atau tindakan lanjutan sesuai prosedur. Dengan demikian, kondisi lingkungan kantor akan selalu terlihat sesuai standar sehingga mendukung kinerja karyawan.

Baca juga Fungsi Manajemen dalam Proses Bisnis

3. Penerapan Budaya Kerja yang Ramah Lingkungan

Penerapan budaya kerja ramah lingkungan tidak dapat serta merta hanya dimengerti saja. Untuk itu, perlu dilakukan secara langsung dan terus menerus, sehingga menjadi suatu kebiasaan baru bagi kamu untuk membentuk budaya ramah lingkungan di tempat kerja nantinya. 

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button