Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Apa pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan ?

Advertisement

Kantor merupakan tempat utama untuk bekerja dan memberikan layanan kepada pihak internal dan eksternal. Untuk itu, Apa pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan? juga merupakan hal yang berpengaruh terhadap pemberian image kepada pelanggan.

1. Pentingnya Lingkungan Kantor

Lingkungan kantor harus mampu memberikan kesan nyaman untuk bekerja dan dapat memberikan gambaran yang baik bagi pelanggan. Lingkungan kerja yang menyenangkan akan mempengaruhi karyawan dalam bekerja, sehingga membawa dampak terhadap pencapaian tujuan perusahaan yang lebih efektif dan efisien. 

Sekalipun bagi pemula, pelaku usaha startup akan menggunakan jasa kantor virtual untuk menyempurnakan usaha yang akan dibangun dengan lingkungan, dan fasilitas yang lengkap dapat dimiliki. Biaya dapat ditekan dengan pengadaan secara mandiri. Akan dirancang seperti apakah lingkungan kantor yang sesuai dapat diperoleh melalui jasa kantor virtual.

Advertisement

Baca juga Perkembangan Teknologi Perkantoran

2. Manfaat Lingkungan Kantor

Mengingat daya dukung lingkungan kantor cukup besar mempengaruhi kinerja pegawai dan untuk tujuan pencitraan perusahaan, tentunya lingkungan kantor harus memiliki manfaat untuk:

Artikel Terkait
  1. meningkatkan efisiensi;
  2. meningkatkan kesehatan;
  3. menekan angka ketidakhadiran karyawan dan perputaran tenaga kerja;
  4. mengurangi kelelahan;
  5. meningkatkan semangat karyawan lain; dan
  6. melindungi peralatan kantor dan arsip. 

Baca juga Jenis layanan bisnis perkantoran

Apa pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan ? (foto/istimewa)

3. Unsur Ergonomi Kantor

Ergonomi (ergonomics) berasal dari kata yunani yaitu ergo yang berarti kerja dan nomos yang artinya hukum. Ergonomi diartikan sebagai disiplin ilmu yang mempelajari manusia dalam kaitannya dengan pekerjaannya. 

Hasil penelitian menunjukkan tidak jarang terjadi gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh sikap kerja yang tidak ergonomis. Keluhan yang dialami antara lain sakit pinggang, nyeri bagian bahu dan punggung atau lainnya.

Untuk itu, lingkungan kantor haruslah mendukung dalam bekerja karyawannya. Unsur lingkungan kantor yang harus diperhatikan agar sikap kerja karyawan terhindar dari penyakit atau keluhan kesehatan dan sesuai dengan ergonomi, meliputi:

Advertisement
  1. pencahayaan ruang kerja;
  2. warna yang digunakan untuk ruangan dan lingkungan kantor;
  3. ventilasi kantor;
  4. kebisingan/suara yang mengganggu;
  5. kebersihan lingkungan; dan
  6. dekorasi dan layout (tata ruang kantor).

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button