Pelajaran IPSPelajaran SMPSejarah

Rangkuman Tahapan Masuknya Islam dan Berkembangnya di Indonesia

Rangkuman Tahapan Masuknya Islam dan Berkembangnya di Indonesia, Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia berlangsung secara bertahap dalam waktu ratusan tahun dan berlangsung secara damai.

Bukti-bukti proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia dapat di lihat dari beririta Cina dari Dinasti Tang, berita Jepang tahun 749 M. Batu nisan Fatimah Binti Maimundi Leran(Gresik), batu nisan Fatimah Binti Maimun di Leran(Gresik), bukti abad ke-13M, 14 M dan 15 M.

Mengenai tempat asal dan kapan datangnya Islam ke Nusantara, sedikitnya ada lima teori besar. Yaitu teori Arab, teori Gijarat, teori Benggali, teori Persia dan teori Cina.

Saluran Islamisasi

Rangkuman Tahapan Masuknya Islam, adapun saluran islamisasi dalam proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia melalui beberapa cara atau saluran yaitu perdagangan, perkawinan, pendidikan di pondok pesantren, seni budaya dan ajaran tasawuf.

Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia berdampak pada tumbuh dan berkembangnya kerajaan-kerajaan di Indonesia yang bercorak Islam.

Kerajaan- kerajaan yang bercorak Islam tersebut antara lain, kerajaan Samudra Pasai, kerajaan Demak, kerajaan Pajang, kerajaan Mataram Islam, kerajaan Cirebon, kerajaan Banten, kerajaan Makasar, kerajaan Ternate, kerajaan Tidore.

Masuknya Islam berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan pengaruh Islam ini terus berkembang sampai sekarang.

Pengaruh Islam dalam kehidupan masyarakat Indonesia antara lain pada bidang politik, bidang sosial, bidang pendidikan, idang sastra dan bahasa, bidang arsitektur dan kesenian.

Akulturasi Budaya Islam

Akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam adalah percampuran antara kebudayaan Indonesia (kebudayaan pra aksara dan Hindu-Budha) dengan kebudayaan Islam. Kebudayaan pra aksara dan Hindu Budha sebelumnya telah melabur menjadi satu, sehingga memunculkan budaya baru Indonesia.

Baca juga Pengaruh Islam Sangat Besar pada Kehidupan Masyarakat Indonesia

Dari kebuadayaan baru Indonesia inilah selanjutnya terjadi percampuran kembali dengan kebudayaan Islam. Akulturasi kebudayaan ini menjadi sejarah perjalanan bangsa di Indonesia.

Akulturasi ini nampak pada wujud seni bangunan masjid, makam, aksara dan seni rupa, seni sastra, sistem pemerintahan,sistem kalender dan filsafat (tasawuf) dan tharikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button