Advertisement
Advertisement
Pelajaran IPSPelajaran SMPSejarah

Proses Masuk Islam ke Indonesia dan Perkembanganya

Advertisement

Proses Masuk Islam ke Indonesia dan Perkembanganya, Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia berlangsung secara bertahap dalam waktu ratusan tahun dan berlangsung secara damai. Bukti- bukti proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia sebagai berikut.

a. Berita Cina dari Dinasti Tang

Menyatakan bahwa terdapat orang-orang Ta Shih (orang- orang Islam dari Arab/Persia) di pesisir baratpantai Sumatera. Mereka mau menyerang kerajaan Ho Ling (Kalingga) padamasapemerintahan Ratu Sima (674 M), akan tetapi membatalkan niatnya, karena kerajaan Holing masih sangat kuat.

b. Berita Jepang dari tahun 749M

Menjelaskan bahwa di Kanton terdapat kapal-kapal Po-sse Ta-Shih Kuo.Istilah Ta-Shih ditafsirkan sebagai orang Arab dan Persia.

Advertisement

c. Batu Nisan Fatimah Binti Maimun, di Leran (Gresik)

Makam Fatimah binti Maimun berangka tahun 475 H (1082 M). Hal ini membuktikan bahwa pada masa Kerajaan Kediri, agama Islam sudah masuk ke Pulau Jawa,walaupun belum menyebar luas di daerah Jawa Timur.

d. Abad ke-13M

Pada abad ke-13 M terdapat dua sumber tentang masuknya agama Islam, yakni batu nisan makam Sultan Malik As Salih dan Catatan Perjalanan Marcopolo. Batu nisan makam Sultan Malik As Salih berangka tahun 676 H atau tahun 1297 M.

Sedangkan Marcopolo tahun 1239 menuliskan bahwa wilayah tersebut sudah ada beberapa kerajaan Islam seperti : Lamuzi, Fansur, Barus, Perlis, Perlak, dan Samudra Pasai. Walaupun demikian masih banyak juga wilayah yang belum menganut agama Islam.

e. Abad ke-14M

Pada abad ke-14 M terdapat sumber yang menunjukkan bahwa agama Islam sudah ada di nusantara, yakni catatan perjalanan Ibn Batutah dan kompleks makam Troloyo, Trowulan,Mojokerto.

Baca juga Kebudayaan Hindu-Budha Terjadi Akulturasi dengan budaya Asli Indonesia

f. Abad ke-15M

Sumber yang memuat perkembangan Islam di Indonesia abad ke-15 M adalah makam Maulana Malik Ibrahim dan berita Ma Huan Tahun 1416 M yang menyatakan bahwa sudah ada saudagar-saudagar Islam yang bertempat tinggal di pantai utara Jawa(Gresik).

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button