Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Peta sebaran kilang minyak potensi sumber daya alam Indonesia

Advertisement

Peta sebaran kilang minyak potensi sumber daya alam Indonesia, Telah dijelaskan pada aktifitas sebelumnya bahwa salah satu pusat keunggulan ekonomi di Indonesia adalah pertambangan minyak bumi. Indonesia merupakan negara yang kaya akan tambang minyak bumi.

Tambang minyak di Indonesia berada di beberapa lokasi seperti Wonokromo, Pangkalan Berandan, Cepu, Balikpapan, Plaju, dan Sungai Gerong. Tambang minyak bumi ini diusahakan oleh Perusahaan Tambang Minyak Negara (PERTAMINA) berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi tertanggal 23 November 2001.

PT Pertamina mengoperasikan 7 kilang minyak (oil refinery) yang ada di Indonesia. Kilang minyak merupakan pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku industri petrokimia.

Advertisement

Peta sebaran kilang minyak, produk-produk utama yang dihasilkan dari kilang minyak antara lain minyak bensin (gasoline), minyak diesel, minyak tanah (kerosine). Adapun beberapa kilang minyak di Indonesia antara lain sebagai berikut:

Sebarang kilang minyak Indonesia

a. Kilang Pangkalan Brandan

Pertamina unit pengolahan I Pangkalan Brandan, Sumatera Utara merupakan kilang yang sangat tua dan sudah ditutup pada awal 2007 karena kurangnya pasokan minyak mentah maupun gas.

b. Kilang Dumai/Sei Pakning di Riau

Kilang minyak ini menghasilkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Non Bahan Bakar Minyak (NBBM) dengan kapasitas kilang sebesar 127.000 barel per hari yang didistribusikan ke berbagai pelosok tanah air dan manca negara.

c. Kilang Cilacap Kilang

Advertisement

Cilacap merupakan kilang dengan fasilitas terlengkap dan memiliki produksi terbesar yaitu 348.000 barrel/hari.

Kilang ini memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa. Selain itu kilang ini merupakan satu-satunya kilang di tanah air yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.

d. Kilang Balikpapan

Advertisement

Kilang Balikpapan terletak di tepi teluk Balikpapan, meliputi areal seluas 2,5 km persegi dengan kapasitas 260.000 barel per hari. Tugas kilang minyak Balikpapan adalah mengolah minyak mentah menjadi produk produk yang siap dipasarkan yaitu BBM dan non BBM.

e. Kilang Kasim

Kilang BBM Kasim berada di desa Malabam kecamatan Seget kabupaten Sorong, Papua bersebelahan dengan Kasim Marine Terminal (KMT) Petro China, kurang lebih 90 km sebelah selatan kota Sorong.

Advertisement

f. Kilang Balongan

Kilang ini berlokasi di Indramayu (Jawa Barat) dengan wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Darma. Kilang ini memproduksi seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosine (Minyak Tanah), LPG, Propylene.

g. Kilang Cepu

Pada awalnya tugas utama dari kilang Cepu adalah untuk menyediakan BBM untuk rakyat dan kebutuhan pertahanan militer di Jawa. Kilang minyak Cepu ditopang 6 lapangan minyak yaitu Kawenangan, Nglondo, Ledok, Semanggi, Tapen, dan Tambakrejo.

Baca juga Menganalisis Perlawanan Terhadap Pemerintah Hindia Belanda

Salah satu Kilang Minyak Indonesia (ilustrasi foto/detik travel)

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button