PJJ IPS KELAS 9

Pusat keunggulan ekonomi Indonesia yang tersebar di beberapa daerah

Pusat keunggulan ekonomi Indonesia yang tersebar di beberapa daerah, Sebagaimana Ananda telah ketahui bahwa terjadinya perdagangan internasional disebabkan suatu negara memiliki produk yang lebih unggul dari negara lainnya.

Keunggulan tersebut terjadi akibat perbedaan sumber daya alam dan manusianya. Sebagai contoh Indonesia membeli produk elektronik dari Cina, karena sumber daya manusia Indonesia belum mampu membuat produk-produk elektronik seperti HP, TV, komputer, laptop dan lain-lain.

Selain membeli produk luar negeri, Indonesia juga menjual produk-produk dari dalam negeri kepada negara-negara yang membutuhkan. Sebagaimana Ananda telah ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam seperti berbagai jenis hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan pertambangan.

Kekayaan sumber daya alam yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia tersebut menjadi keunggulan ekonomi Indonesia untuk diolah dan dijual ke negara-negara lain yang membutuhkan.

Adapun beberapa daerah-daerah di Indonesia yang mempunyai kekayaan alam dan menjadi pusat keunggulan ekonomi Indonesia antara lain adalah :

1. PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia telah melakukan eksplorasi sumber daya alam emas dan tembaga di dua tempat di Papua, yaitu tambang Erstberg, dari tahun1967, dan tambang Grasberg, sejak tahun 1988. Kedua tambang ini berada di kawasan Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Peranan PT Freeport Indonesia antara lain:

a. Menyediakan lapangan kerja, b. Menanam investasi untuk membangun infrastruktur di perusahaan Papua, c. Memberi keuntungan kepada pemerintah Indonesia dan d. Memberi masukan pajak.

2. Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN)

Tambang minyak bumi di Indonesia berada di beberapa lokasi seperti Wonokromo, Pangkalan Berandan, Cepu, Balikpapan, Plaju, dan Sungai Gerong.

Tambang minyak bumi tersebut berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi tertanggal 23 November 2001 diusahakan oleh perusahaan minyak negara yaitu PT Perusahaan Tambang Minyak Negara (PERTAMINA) Persero.

Adapun peranan atau kontribusi PT Pertamina Persero bagi pereonomian Indonesia, antara lain:

  1. Menstimulasi kegiatan perkonomian masyarakat
  2. Pendukung anggaran negara melalui kontribusi dividen dan pajak.
  3. Memberikan investasi dalam bentuk pembangunan infrastruktur energi yang tidak hanya berperan penting untuk menjaga ketahanan energi nasional saja, tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja.
  4. Mendukung ketahanan dan kemandirian energi nasional dan membebaskan Indonesia dari ketergantungan impor produk BBM pada 2023 melalui proyek Refinery Development Master Plan dan Grass Root Refinery.

3. Batik Indonesia

Batik Indonesia salah satu keunggulan ekonomi Indonesia (ilustrasi foto/istimewa)

Batik merupakan pusat keunggulan di Pulau Jawa dan Bali. Batik merupakan bentuk kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa sejak lama.

Keindahan batik dari Indonesia sudah tersebar hingga ke penjuru dunia. Bahkan kerajinan ini telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009.

Batik Indonesia telah mengangkat nama Indonesia di mata Internasional melalui keberagaman motifnya yang khas sesuai dengan daerah asal pembuatan batik tersebut. Daerah penghasil kerajinan Batik yang terkenal di Indonesia adalah Surakarta, Yogyakarta, dan Pekalongan.

Baca juga Perlawanan Terhadap Persekutuan Dagang Kolonialisme dan Imperialisme

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button