Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 7

Permintaan atau Minat Konsumen untuk Membeli Barang atau Jasa

Advertisement

Permintaan atau Minat Konsumen untuk Membeli Barang atau Jasa, Konsumen ialah seseorang yang membutuhkan atau ingin membeli barang dan jasa.

Permintaan adalah minat konsumen untuk membeli barang atau jasa pada tingkat harga tertentu. Sebagai seorang pembeli/konsumen, seseorang tentu tidak menginginkan harga yang mahal dari suatu barang/jasa yang ia butuhkan.

Sebagai contoh apabila Ananda merupakan seorang konsumen maka Ananda akan berupaya memilih barang/jasa dengan kualitas bagus namun memiliki harga murah.

Advertisement

Apabila harga terlalu mahal, minat pembeli/konsumen akan berkurang dan bila harga cukup murah maka minat untuk pembeli akan meningkat. Permintaan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:

1. Harga barang atau jasa

Jika harga barang naik, maka jumlah barang atau jasa yang diminta kosumen akan berkurang, sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah barang dan jasa yang diminta akan bertambah banyak.

Seorang pembeli cerdas tentu akan berupaya menunda pembelian suatu barang atau jasa bila harganya sedang tinggi.

2. Pendapatan masyarakat

Pendapatan rata-rata setiap orang dalam masyarakat akan mempengaruhi jumlah permintaan barang dan jasa.

Apabila pendapatan rata-rata masyarakat naik maka minat masyarakat untuk membeli barang dan jasa akan bertambah sementara apabila pendapatan masyarakat turun seperti saat pendemi covid-19 ini, maka permintaan akan barang dan jasa juga akan rendah.

3. Selera masyarakat

Selera masyarakat yang selalu berubah sangat berpengaruh pada permintaan. Saat pandemi Covid 19 terdapat perubahan selera atau permintaan masyarakat karena kini mereka lebih menyukai kegiatan bercocok tanam tumbuhan hias daripada berbelanja pakaian di Mall.

Advertisement

Perubahan selera masyarakat membuat jumlah permintaan tanaman hias meningkat dan permintaan akan pakaian di Mall menurun.

Jumlah permintaan tanaman hias yang naik akan meningkatkan harga tanaman hias sementara karena permintaan akan pakaian di Mall menurun maka pakaian akan tetap tidak laku meski keberadaan barang melimpah dengan harga yang murah.

4. Kualitas barang

Permintaan barang dengan kualitas yang baik meski dengan harga yang sedikit mahal akan tetap tinggi meski tersedia barang berkualitas rendah dan mudah rusak meski harga cukup murah.

Advertisement

5. Harga barang lain

Permintaan akan suatu barang dan jasa akan turun apabila barang dan jasa tersebut memiliki alternatif atau bisa digantikan oleh barang dan jasa lain.

Adalah wajar apabila masyarakat beralih pada barang dan jasa alternatif dibanding harus membeli suatu barang dan jasa dengan harga yang mahal.

6. Jumlah penduduk

Jumlah penduduk suatu negara akan sangat berpengaruh pada pada jumlah permintaan barang dan jasa. Jumlah penduduk yang banyak akan meningkatkan jumlah permintaan barang dan jasa untuk pemenuhan kebutuhan kebutuhan masyarakat.

Advertisement

Begitu juga sebaliknya, jika jumlah penduduk sedikit maka jumlah permintaan juga akan sedikit.

7. Ramalan masa depan

Permintaan dalam masyarakat seringkali terpengaruh pada suatu ramalan dalam masyarakat. Jumlah permintaan barang dan jasa akan meningkat apabila diperkirakan barang dan jasa tersebut akan menjadi langka atau nantinya mengalami kenaikan harga.

Baca juga Skala Prioritas Kebutuhan Manusia yang Akan di Penuhi

Sebagai contoh Indonesia pernah mengalami kenaikan permintaan akan masker kesehatan kala awal Pandemi Covid 19 karena diperkirakan jumlah masker yang tersedia untuk melindungi diri akan habis.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button