PJJ IPS KELAS 7

Aktivitas Distribusi Untuk Menyalurkan Hasil Produksi Kedapa Konsumen

Aktivitas Distribusi Untuk Menyalurkan Hasil Produksi Kedapa Konsumen, Barang dan jasa hasil produksi manusia tidak akan memiliki kemanfaatan apabila tidak disalurkan dan sampai ke tangan konsumen.

Hasil produksi sampai ke tangan konsumen melalui kegiatan yang disebut dengan kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi ialah kegiatan menyalurkan barang/jasa dari produsen kepada konsumen.

Aktivitas Distribusi Untuk Menyalurkan Hasil Produksi Kedapa Konsumen, Lembaga atau perorangan yang melakukan distribusi disebut distributor.

Terdapat tiga cara distributor menyampaikan barang atau jasa kepada konsumen, Tiga cara ini yaitu;

1. Secara langsung tanpa melalui perantara

Contohnya tukang bakso yang langsung mendatangi konsumen untuk menjual hasil produksinya. Atau pembantu rumah tangga yang langsung datang ke rumah majikan tanpa biro jasa untuk bekerja.

2. Semi langsung

Adalah mendistribusikan barang dan jasa melalui perantara yang merupakan bagian dari produsen. Contohnya adalah pabrik tekstil yang menjual pakaian hasil produksinya melalui penyalur khusus sebelum disalurkan kepada pedangang toko.

3. Tidak langsung

yaitu penyalurang barang hasil produksi kepada konsumen melalui agen, grosir, pedagang kecil yang bertindak sebagai perantara.

Aktivitas Konsumsi

Konsumen ialah pengguna barang atau jasa hasil produksi. Konsumen melakukan aktivitas konsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan demi menjaga kelangsungan hidupnya.

Kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan nilai barang dan jasa disebut sebagai konsumsi. Di dalam ilmu ekonomi pelaku konsumsi dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu;

1. Kegiatan Konsumsi rumah tangga keluarga

Kegiatan konsumsi ini yang dilakukan oleh sekumpulan orang yang dipersatukan oleh pertalian darah dan tinggal dalam satu rumah.

Contoh adalah konsumsi keluarga atas bahan makanan, pakaian, listrik dan telepon dalam keluarga.

Setiap rumah tangga selalu berupaya menyelaraskan antara tingkat pendapatan dengan konsumsi yang dilakukannya.

Oleh karenanya tingkat konsumsi satu keluarga dengan keluarga lain berbeda karena dipengaruhi oleh faktor pendapatan, jumlah anggota keluarga, gaya hidup, latar belakang Pendidikan atau lingkungan tempat tinggal.

2. Kegiatan Konsumsi rumah tangga perusahaan

Kegiatan konsumsi ini berupa kegiatan konsumsi bahan baku, tenaga kerja dan modal yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Perusahaan selalu berupaya menggunakan prinsip ekonomi dalam memproduksi barang dan jasa yaitu menekan biaya produksi demi menghasilkan hasil keuntungan yang baik.

Penekanan biaya produksi bisa dilakukan dengan membeli atau mencari bahan baku berkualitas dengan harga murah, menggunakan tenaga kerja yang terampil dan dapat juga menggunakan teknologi yang tinggi untuk menghasilkan produk dengan kualitas baik.

3. Kegiatan konsumsi negara

Yaitu kegiatan konsumsi yang dilakukan sebuah negara dengan tujuan memenuhi atau melayani kebutuhan masyarakatnya.

Negara Indonesia pada setiap akhir tahun membuat rancangan anggaran dan belanja negara untuk rakyat yang nantinya diperiksa untuk disetujui oleh DPR.

Perencanaan dan pengawasan keuangan negara dilakukan pemerintah dapat menyesuaikan antara pengeluaran, pendapatan negara dengan kebutuhan masyarakat.

Pemahaman Materi

Setelah Ananda memahami tentang kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi lakukanlah aktivitas berikut untuk menguji pengetahuan Ananda. Bacalah cerita berikut kemudian jawablah pertanyaan yang ada dibawahnya!

Yani adalah seorang karyawan swasta, namun pandemi covid-19 membuat dirinya harus mundur dari perusahaan tempatnya bekerja.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Yani harus berupaya menggali dan mengasah kemampuannya dalam membuat produk makanan berupa bakso yang kemudian di jual.

Setiap hari Yani menyiapkan bahan baku berkualias baik untuk baksonya, seperti bawang putih, tepung terigu, tepung sagu, garam, daging, lada penyedap rasa, serta sambal sebagai pelengkapnya. Bakso buatan Yani dijual ke tetangga sekitar rumah yang langsung dilayani oleh Yani.

Untuk pembelian dengan lokasi jauh, ia membuka sistem online agar pembeli bisa membeli melalui aplikasi dan kemudian bakso dapat diantar oleh kurir yang bekerja pada aplikasi online tersebut sebagai distributor.

Bakso buatan Yani sangat lezat, banyak pembeli berkata demikian. Rasanya yang pas dan harga yang terjangkau membuat bakso buatan Yani tersebut laris.

Baca juga Macam-Macam Kebutuhan Manusia yang harus dipenuhi

Yani mendapatkan untung besar, karena semangat yang kuat dan tidak pernah menyerah. Meskipun ia tidak lagi bekerja di perusahaan, Ia tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan kerja kerasnya menjadi wirausahawan.

Pertanyaan:

  1. Kegiatan produksi apakah yang dihasilkan Yani?
  2. Dilihat dari kemampuannya, Yanio termasuk termasuk dalam tenaga kerja berkriteria?
  3. Bagaimana kegiatan distribusi yang dilakukan Yani untuk memasarkan hasil produksinya?
  4. Siapakah konsumen Yani?
  5. Sikap apakah yang dapat kita tiru dari Yani?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button