PJJ IPS KELAS 9

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, Belanda tidak begitu saja mau mengakui proklamasi yang telah dilaksanakan oleh bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan membonceng tantara AFNEI / Sekutu, akhirnya NICA ingin menacapkan kembali kolonialisme nya di Indonesia. Bangsa Indonesia tidak begitu saja menerima dan menyerah pada pasukan NICA yang datang bersama sekutu.

Pidato Bung Tomo yang membakar semangat arek-arek Surabaya untuk melawan sekutu sampai titik darah akhir. (ilustrasi foto/Sejarah Lengkap)

Seperti yang terjadi di Surabaya 10 November 1945, rakyat Surabaya tidak menghiraukan ultimatum pasukan sekutu, dan bertekad tidak akan mau menyerah kepadaa siapun juga, seperti pidato bung tomo yang membakar semangat arek-arek Surabaya untuk melawan sekutu sampai titik darah akhir.

Dengan semboyan sekali merdeka tetap merdeka, bangsa Indonesia melawan Belanda dengan segala jiwa raga bahkan nyawa sebagai taruhannya. Maka terjadilah pertempuran dan pertumpahan darah di berbagai daerah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Selain menggunakan perlawanan secara fisik bersenjata, bangsa Indonesia juga melakukan berbagai diplomasi untuk mendapatkan dukungan dari dunia internasional.

Berbagai perundingan dilakukan antara Indonesia-Belanda untuk mencapai perdamaian dan kemerdekaan Indonesia sepenuhnya. Maka hasil dari perundimgan Konfrensi Meja Bundar, Belanda dengan berat hati harus mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia.

Rangkuman

Setelah proklamasi kemerdekaan, Kedatangan sekutu awalnya disambut terbuka oleh pihak Indonesia. Namun setelah diketahui bahwa pasukan Sekutu tersebut diboncengi NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang dengan terang-terangan ingin menegakkan kembali kekuasaan Hindia Belanda.

Maka sikap rakyat Indonesia pun berubah menjadi curiga dan bermusuhan dan tambah memanas setelah NICA mempersenjatai kembali orang-orang KNIL yang baru dilepaskan dari tahanan Jepang. Maka terjadi insiden-insiden pertempuran dengan pihak RI.

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, Sebab-sebab terjadinya konflik Indonesia dan Belanda:

  • Keinginan Belanda untuk Berkuasa Kembali di Indonesia
  • Adanya Dukungan Tentara Sekutu terhadap Belanda
  • Keinginan Bangsa Indonesia untuk Mempertahankan Kemerdekaan

Baca juga Perjuangan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Faktor penyebab keberhasilan Bangsa Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dan memaksa Belanda untuk keluar dari Indonesia antara lain:

  • Kesiapan Rakyat Indonesia dalam Menghadapi Setiap Aksi Militer yang dilakukan Belanda
  • RI tetap ada dan berjalan seperti biasa pada waktu Belanda menduduki Ibukota RI di Yogyakarta
  • Semangat Juang dan Nasionalisme TNI dan rakyat untuk tetap mempertahankan Kemerdekaan dan NKRI
  • Adanya tekanan dan dukungan dari Dunia Internasional terhadap Indonesia
kedatangan tentara sekutu ke Indonesia (ilustrasi foto/istimewa)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button