PJJ IPS KELAS 7

Peran dan Dampak IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi

Peran dan Dampak IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi, IPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Ananda harus mengetahui bahwa perkembangan IPTEK dalam masyarakat akan mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat tersebut atau suatu negara.

Peran dan Dampak IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi, Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia. Ilmu pengetahuan didapatkan manusia dari upaya untuk mengetahui lebih jauh tentang suatu hal.

Ini dilakukan melalui kegiatan penyelidikan ilmiah atas suatu fakta atau kenyataan yang ditemui manusia. Ilmu pengetahuan yang didapatkan manusia selanjutnya mendorong terciptanya teknologi untuk membantu manusia memenuhi kebutuhan hidup.

Perubahan teknologi karena peningkatan pengetahuan manusia akan mempengaruhi ekonomi. Kemajuan teknologi, membuat manusia dapat memproduksi barang-barang yang dahulu tidak mampu diproduksi atau mempercepat kegiatan produksi suatu barang sehingga lebih banyak manusia dapat menikmati kegunaan barang yang diproduksi tersebut.

Contoh Peran Teknologi Internet

Sebagai contoh teknologi internet dan layar sentuh dapat membuat sebuah telepon genggam tampil lebih ringkas, mudah digunakan dan mampu menghubungkan manusia lebih luas dan murah.

Ketika ilmu pengetahuan mengenai cara membuat jaringan internet dan layar sentuh ditemukan manusia, selanjutnya manusia mampu menciptakan telepon pintar atau smartphone.

Smartphone yang populer di masyarakat mampu mengubah cara manusia bertransaksi ekonomi. Kegiatan jual beli dan pengantaran barang di masyarakat berubah cepat karena keberadaan teknologi smartphone.

Peran perkembangan IPTEK bagi kegiatan ekonomi antara lain sebagai berikut:

1. Kegiatan Produksi.

IPTEK dapat menunjang kegiatan produksi terutama melalui penggunaan mesinmesin produksi, robot, mesin penyedia bahan baku.

2. Kegiatan Distribusi.

IPTEK dapat menciptakan kemudahan dalam distribusi barang hasil produksi kepada konsumen. IPTEK dapat menyebarkan informasi tentang barang dan jasa, serta melancarkan distribusi barang dan jasa tersebut sampai ke tangan konsumen.

3. Kegiatan Konsumsi.

IPTEK mampu membuat masyarakat menggunakan teknologi-teknologi baru untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan. Konsumen dengan cepat dan mudah memperoleh dan menggunakan barang yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Baca juga Ilmu Ekonomi Menyatakan Manusia yang Rasional Akan Memaksimalkan Kepuasannya

Pemahaman Materi Peran IPTEK

Setelah Ananda membaca materi peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi, pada aktivitas kali ini, Ananda diminta untuk mengisi tabel mengenai contoh peran IPTEK bagi kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar Ananda . Tabel peran IPTEK dalam kegiatan produksi sudah diisi sebagai contoh pengerjaan tabel berikutnya.

  1. Contoh peran IPTEK dalam kegiatan produksi : Produksi merupakan kegiatan membuat atau menambah nilai guna barang dan jasa.

Di lingkungan sekitar tempat tinggal saya banyak yang bekerja sebagai penjual makanan siap makan seperti nasi dan lauk pauknya. Penggunaan IPTEK yang saya lihat ialah mereka menggunakan blender, kompor gas untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan siap makan.

2. Contoh peran IPTEK dalam kegiatan distribusi ?

3. Contoh peran IPTEK dalam kegiatan konsumsi ?

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button