PJJ IPS KELAS 7

Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia, Kewirausahaan adalah proses memahami, mengidentifikasi pemasalahan dalam kehidupan, mencari pemecahannya melalui pengembangan ide inovatif, cara-cara baru dalam mengorganisasi atau memanajemen dan mewujudkannya dalam kenyataan. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausaha atau wiraswasta.

Seorang wirausaha ialah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang tersedia, mengambil tindakan yang tepat untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengambil keuntungan.

Seorang wirausaha tidak hanya mampu melihat dan melakukan sesuatu yang baik bagi dirinya, melainkan juga bagi kepentingan orang lain atau masyarakat.

Wirausaha Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Melalui kegiatan wirausaha dapat tercipta peluang atau lapangan kerja baru yang dapat membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran. Seorang wirausaha adalah manusia yang memiliki semangat, kemampuan dan sikap mandiri.

Mereka peka pada peluang usaha dan tidak suka bergantung kepada pihak lain baik itu pemerintah, majikan atau keluarga besar.

Semua upaya dan kegiatan yang dilakukan seorang wirausahawan dilakukan dalam upaya mengembangkan diri, menciptakan sesuatau yang baru, menemukan cara kerja baru, memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tersedia untuk menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat. Berikut adalah ciri ciri yang dimiliki seorang wirausaha.

  1. Mempunyai kepribadian yang kuat, maksudnya ialah manusia yang bermoral tinggi, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ingin menciptakan sesuatu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat.
  2. Memiliki sikap mental wiraswasta, yaitu memiliki kemauan keras untuk mencapai tujuan dan mandiri dalam kebutuhan hidupnya. Ia memiliki keyakinan kuat serta kejujuran dan bertanggungjawab.
  3. Memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar, maksudnya ia mampu memahami lingkungannya sehingga dapat mendayagunakan secara efisien peluang yang ada untuk kepentingan hidupnya.
  4. Memiliki keterampilan wiraswasta, yaitu memiliki keterampilan berpikir kreatif, kepemimpinan, manajerial dan bergaul antar manusia.
  5. Memiliki kemampuan untuk mencari informasi tentang beberapa hal yang menyebabkan berhasilnya suatu usaha.

Baca juga Kegiatan Ekonomi Didasari Adanya Prinsip Ekonomi atau Hal Mendasar

Pemahaman Materi

Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia, pada materi ini Ananda telah sedikit memahami mengenai kewirausahaan. Untuk dapat memperdalam pengetahuan Ananda, bacalah 2 contoh kasus berikut ini kemudian jawablah pertanyaan dibawahnya. Tabel nomor 1 pertanyaan telah dijawab sebagai contoh pengerjaan soal selanjutnya.

Pemaparan 1

Bapak Urip seorang karyawan pada sebuah perusahaan besar. Namun pandemic covid-19 membuatnya terpaksa berhenti dari pekerjaannya. Kekhawatiran akan ketidakmampuannya memenuhi kebutuhan hidup singgah di hatinya, namun ia halau dengan kegiatan beribadah dan berdoa kepada Tuhan.

(Ilustrasi foto / tribunnews.com)

Selain itu ia juga selalu berusaha menggali kemampuannya. Sampai pada suatu ketika ia sadar bahwa memiliki kemampuan terampil memperbaiki mesin.Ya, Bapak Urip memiliki kemampuan dalam hal teknik mesin.

Banyak tetangga yang meminta bantuannya memperbaiki mesin motor, mesin mobil bahkan mesin air di rumah mereka. Setiap hari Bapak Urip selalu mengasah keterampilannya dengan membongkar mesin dan melihat cara memperbaiki mesin yang rusak melalui internet.

Karena kemampuannya tersebut bapak Urip dapat memenuhi kebutuhan hidupnya walaupun tidak menjadi karyawan sebuah perusahaan. Dari cerita tersebut, sebutkan dan jelaskan ciri jiwa wirausaha yang dimiliki bapak Urip!

Jawaban:

Bapak Urip memiliki jiwa wirausaha berupa memiliki kepribadian yang kuat, dibuktikan dengan kegiatannya yaitu beribadah dan berdoa untuk memohon bantuan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Bapak Urip memiliki keterampilan dalam memperbaiki mesin dan bergaul terbukti banyak tetangga yang meminta bantuannya jika ada mesin yang rusak. Bapak Urip juga mampu mencari berbagai informasi yang berkaitan dengan kemajuan usahanya.

Pemaparan 2

Rony ialah pemuda yang selalu bersemangat. Pada suatu hari dia terpana melihat tumpukan koran yang terbuang percuma. Rony lalu berpikir bagaimana ia dan masyarakat dapat memanfaatkan koran tersebut menjadi lebih bernilai guna.

Akhirnya setelah melalui proses browing internet, Rony memutuskan mencoba mengolah kertas koran tersebut menjadi pot cantik. Lembar demi lembar kertas koran ia gulung menjadi lintingan kecil kemudian dirangkai dan jadilah karya indah bahkan bisa dijualnya.

Dari cerita tersebut, sebutkan dan jelaskan ciri jiwa wirausaha yang dimiliki Rony!

Jawaban:

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button