PJJ IPS KELAS 7

Menganalisis Kondisi Iklim Indonesia Yang Berada di Wilayah Tropis

Menganalisis Kondisi Iklim Indonesia yang berada di wilayah beriklim tropis (panas) karena berada sekitar garis khatulistiwa pada wilayah antara garis lintang 23,5˚LU dan 23, 5˚LS . Di wilayah yang beriklim tropis tidak ada perbedaan yang jauh antara suhu pada musim hujan dan musim kemarau.

Selain itu wilayah Indonesia juga dipengaruhi iklim musim atau muson akibat adanya angin muson barat dan muson timur juga iklim laut. Dengan demikian maka di Indonesia ada tiga iklim, yaitu;

  1. Iklim tropis, iklim yang terjadi di Kawasan sekitar khatulistiwa dengan cuaca hangat sepanjang hari dan tidak ada musim dingin.
  2. Iklim musim/ muson; dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu.
  3. Iklim laut; terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut luas, sehingga banyak penguapan dan mengakibatkan hujan.
Peta arah angin muson (ilustrasi foto/referensi bebas)

Pada gambar peta arah angin muson, Ananda dapat melihat ada dua arah mata angin, yang pertama tanda panah berwarna merah untuk menunjukkan angin muson barat dan tanda panah berwarna hitam menunjukkan angin muson timur.

Angin muson barat, berhembus dari bulan Oktober sampai Maret, saat kedudukan matahari berada di belahan selatan garis khatulistiwa.Hal ini menyebabkan tekanan udara tinggi di Benua Asia dan tekanan udara rendah di Benua Austalia, sehingga berhembuslah angin dari Benua Asia ke arah Benua Australia.

Karena angin melalui Samudra Hindia yang luas maka angin tersebut membawa banyak uap air yang mengakibatkan musim penghujan di Indonesia. Angin muson timur, berhembus dari bulan September sampai April, saat kedudukan matahari berada di belahan utara garis khatulistiwa.

Menganalisis Kondisi Iklim Indonesia, Hal ini menyebabkan tekanan udara rendah di Benua Asia dan tekanan udara tinggi di Benua Austalia, sehingga berhembuslah angin dari Benua Australia ke arah Benua Asia. Angin tersersebut melewati gurun yang luas di Australia sehingga bersifat kering yang mengakibatkan musim kemarau di Indonesia.

Baca juga Kerajaan -Kerajaan Hindu-Buddha yang Berkembang di Indonesia

Mengidentifikasi Kondisi Iklim di Indonesia

Agar Ananda lebih memahami iklim di Indonesia silahkan untuk untuk membaca buku paket, Ilmu Pengetahuan Sosial, SMP/ MTs Kelas VII,Kemdikbud, 2016. Kunjungi situs https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/iklim-diindonesia#.

Silahkan Ananda mendeskripsikan angin musim muson barat yang menyebabkan musim hujan dan angin muson timur yang menyebabkan musim kemarau di Indonesia.

  1. Mengapa angin muson barat menyebabkan musim hujan ?
  2. Mengapa angin muson timur menyebabkan musim kemarau?
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button