PJJ IPS KELAS 7

Menganalisis Kehidupan Manusia PraAksara Masa Perundagian

Menganalisis Kehidupan Manusia PraAksara Masa Perundagian, Perundagian berasal dari kata undagi yang memiliki arti sebagai tukang atau seseorang ahli yang memiliki ketrampilan. Pada masa perundagian, manusia pra akasara sudah mengenal keahlian pengolahan logam, kepandaian membuat gerabah, perhiasan, dan pembuatan sampan.

Kehidupan masyarakat pra aksara masa perundagian tersusun kelompok-kelompok seusai keahlian masing-masing seperti petani yang bercocok tanam, pandai logam, pembuat gerabah, pembuat sampan dan lain lain.

Menganalisis Kehidupan Manusia PraAksara Masa Perundagian di wilayah Indonesia, terjadi pembauran antara ras manusia dalam masyarakat (Austromelanesia, Mongoloid, Manusia Purba). Pembauran ini disebabkan oleh adanya kebutuhan untuk mempelajari dan memanfaatkan teknologiteknologi yang dimiliki masing masing ras manusia.

Sebagai contoh, dipercayai bahwa teknologi logam kuno berada di Indonesia karena masyarakat Indonesia berinteraksi dengan masyarakat dari wilayah Vietnam dengan hasil teknologi yang dikenal dengan Budaya Dong Son. Selain Vietnam, Thailand juga merupakan negara asal teknologi logam kuno ini.

Kapak Corong, salah satu hasil budaya Masa perundagian (Ilustrasi foto/halo edukasi)

Pemahaman Materi

Usai membaca sedikit penjelasan mengenai kebudayaan masa perundagian diatas, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, silahkan Ananda membaca buku Ilmu Pengetahuan Sosial, SMP/MTs, Kemdikbud, 2016, halaman 215-217.

Ananda juga dapat mengunjungi link masa perudagian, untuk mendapatkan pengetahuan tambahan. Selesai melakukan hal tersebut Ananda bisa mengisi jawaban dibawah ini sebagai aktifitas pemahaman materi.

  1. Pengertian Zaman Logam dan Pembagiannya ?
  2. Ciri-ciri Kehidupan masyarakat zaman logam ?
  3. Hasil Budaya/Peninggalan ?

Kehidupan Masyarakat Masa Praaksara Melalui Beberapa Aspek Kehidupan

Berdasarkan ciri kehidupannya, masyarakat manusia praaksara dapat dibedakan menjadi tiga tahapan, yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, serta masa perundagian.

Pada tiga tahapan ini, kehidupan masyarakat praaksara dapat dijelaskan melalui tiga aspek yaitu ekonomi, sosial dan budaya. Setelah anda selesai membaca beberapa materi modul.

Baca juga Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Ananda diminta untuk mensarikan dan menguraikan tiga aspek kehidupan masyarakat praaksara yaitu kehidupan sosial, ekonomi dan budaya pada tiga tahapan kehidupan.

Silahkan Ananda menguraikan hasil penyelidikan Ananda dan menyusunnya melalui jawaban berikut.

  1. Perkembangan Kehidupan masa berburu dan mengumpulkan makanan mulai dari Aspek Ekonomi, Aspek Sosial dan Aspek Budaya …?
  2. Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut a. Aspek Ekonomi, Aspek Sosial dan Aspek Budaya ?
  3. Masa Bercocok tanam a. Aspek Ekonomi, Aspek Sosial dan Aspek Budaya ?
  4. Masa Perundagian a. Aspek Ekonomi, Aspek Sosial dan Aspek Budaya ?

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button