Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Pengaruh produk-produk luar negeri bagi kehidupan masyarakat Indonesia

Advertisement

Pengaruh produk-produk luar negeri bagi kehidupan masyarakat Indonesia, Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk yang besar, menjadi daya tarik negara-negara di dunia sebagai tempat pemasaran berbagai produk asing.

Kondidi ini menyebabkan Indonesia dibanjiri dengan produk-produk impor. Tingginya minat masyarakat akan produk asing juga terus meningkat, seiring dengan hadirnya e-commerce yang memberikan kemudahan dalam membeli produk asing. Disamping itu produk asing juga menawarkan harga yang cenderung lebih murah, dan menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Mayoritas impor yang masuk ke Indonesia masih berasal dari China. Tercatat, pada Mei 2020 barang impor seperti bawang putih, transmisi hingga laptop asal China masuk ke Indonesia. Apakah di sekitar kalian terdapat barang-barang yang merupakan produk luar negeri?

Advertisement

Rangkuman Perdangan Internasional

  1. Perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih atas dasar kesepakatan bersama dengan tujuan mendapatkan keuntungan/laba .
  2. Dalam perdagangan internasional terdapat istilah ekspor dan impor. Ekspor merupakan proses menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri, sedangkan impor adalah proses membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri.
  3. Perdagangan dalam negeri merupakan perdagangan yang dilakukan dalam suatu negara.
  4. Komoditas impir Indonesia digolongkan menjadi 3, yaitu barang konsumsi, bahan baku dan penolong, barang modal
  5. Komoditas impor telah membanjiri Indonesia dewasa ini karena adanya pasar bebas, e comerce atau pasar digital, barang-barang impor harganya lebih murah, perubahan gaya hidup masyarakat, kurangnya rasa bangga pada produk dalam negeri dan anggapan kualitas barang impor lebih bagus dibandingkan barang lokal.
(ilustrasi foto/bea cukai bandar lampung)

Refleksi

Pengaruh produk-produk luar negeri bagi kehidupan masyarakat Indonesia, Setelah kamu melaksanakan aktivitas pembelajaran di atas, tuliskan hal-hal sebagai berikut.

  1. Pengetahuan tentang apa saja yang Ananda peroleh setelah melaksanakan proses belajar?
  2. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajar materi di atas?
  3. Hal-hal apa yang menurut Ananda sulit dikuasai dalam mempelajari materi ini?

Baca juga Menganalisis Pengaruh Sistem Sewa Tanah Masa Pendudukan Belanda

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button