Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Pengaruh Perubahan Ruang Interaksi Antarruang Di 5 Benua

Advertisement

Pengaruh Perubahan Ruang Interaksi Antarruang Di 5 Benua, Perubahan ruang dan Interaksi Antarruang bisa terjadi dalam berbagai ruang lingkup ataupun skala. Dalam skala yang sempit, antara desa dengan kota terjadi perubahan ruang dan interaksi antarruang, dan dalam skala yang luas perubahan ruang dan interaksi antarruang dapat terjadi antar negara dan antar benua.

Di Asia, perubahan ruang terlihat dari alih fungsi lahan. Sekitar 50 persen lahan di Asia telah berubah menjadi wilayah perkotaan. Perhatikan gambar berikut!

Gambar 1.8 Perbandingan Penduduk yang tinggal di perkotaan dan pedesaan di Asia

Banyak daerah di Asia berubah menjadi daerah perkotaan. Perubahan tersebut mendorong terjadinya interaksi antarruang dalam bentuk perpindahan penduduk dari desa ke kota. Pada tahun 2015, sekitar 47 persen penduduk Asia tinggal di daerah perkotaan (WPDS, 2015).

Advertisement

Bagaimanakah dampak interaksi keruangan bagi desa dan kota? Dan bagaimana pengaruh perubahan ruang dan interaksi keruangan antar benua dan antar negara?

Aktivitas Pembelajaran

Aktivitas 1: menunjukkan pada peta negara-negara di Asia yang memiliki penduduk lebih dari 50% tinggal di kota dan negara-negara di Asia yang memiliki penduduk kurang dari 50% tinggal di kota

Sebagaimana Ananda telah ketahui bahwa di Benua Asia dan benua lainnya telah mengalami perubahan alih fungsi lahan, yaitu dari lahan pertanian menjadi lahan perkotaan. Sebagai akibatnya maka terjadi perubahan interaksi antara desa dan kota.

Pada tahun 2015, sekitar 47 persen penduduk Asia tinggal di daerah perkotaan (WPDS, 2015). Beberapa negara di Asia yang memiliki penduduk kota lebih dari 50 % adalah Singapura, Jepang, Korea Selatan, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Uni Emirat Arab.

Baca juga Menganalisis Persebaran Penduduk di 5 Benua yang Tidak Merata

Sedangkan negara dengan jumlah penduduk kota kurang dari 50 % antara lain India, Thailand, Vietnam, Myanmar, Mongolia, Laos, Nepal, dan Bangladesh. Untuk memahami lokasi negara-negara tersebut lakukan aktivitas berikut ini!

Advertisement
Gambar 1.9 Peta Benua Asia (Sumber: https://sekolahnesia.com/peta-benua-asia/)
  • Berdasarkan gambar 1.9 isilah tabel di bawah ini!
KodeNama NegaraJumlah penduduk yang tinggal di kota Lebih dari 50%Jumlah penduduk yang tinggal di kota kurang dari 50%
1Jepangx 
2   
3   
4   
5   
6   
7   
8   
9   
10   
11   
12   
Daftar tabel isian
Referensi:
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button