PJJ IPS KELAS 7

Menganalisis Pengaruh Hindu-Buddha Terhadap Masyarakat di Indonesia

Menganalisis Pengaruh Hindu-Buddha Terhadap Masyarakat di Indonesia, Masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke Indonesia membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Perubahan-perubahan itu antara lain tampak dalam beberapa bidang sebagai berikut.

a. Pemerintahan

Menganalisis Pengaruh Hindu-Buddha Terhadap Masyarakat di Indonesia, Setelah masuknya unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha terjadi perubahan dalam pemerintahan masyarkat lokal. Kedudukan kepala suku sebagai pemimpin digantikan oleh raja seperti halnya di India.

Raja memiliki kekuasaan yang sangat besar. Kedudukan raja tidak dipilih oleh rakyat tetapi diwariskan secara turun temurun.

b. Sosial

Munculnya pembedaan yang tegas antar kelompok-kelompok masyarakat. Masyaakat Hindu memperkenalkan sistem kasta yang dianut oleh kerajaan-kerajaan bercorak Hidu di Indonesia.Sistem kasta membagi dan membedakan masyarakat berdasarkan fungsinya.

Golongan Brahmana bertugas menjadi pendeta dan pemimpin agama, Golongan Ksatria adalah para bangsawan dan prajurit, Waisya adalah kaum pedagang dan petani, dan terakhir Sudra atau rakyat biasa sebagai golongan terendah.

c. Ekonomi

Sejak terbentuknya jalur perdagangan laut yang menghubungkan India dan Cina, kegiatan perdagangan di Kepulauan Indonesia berkembang pesat.

Sebagai akibat dari ramainya aktifitas perdagangan, wilayah-wilayah yang menjadi pusat perdagangan juga yang berkembang menjadi pusat kerajaan.

d. Agama

Hubungan antara Indonesia dan pusat Hindu-Buddha di Asia berawal dari hubungan dagang antara Indonesia, India dan Cina. Hal ini menyebabkan pusatpusat perdagangan di Indonesia juga menjadi pusat-pusat Hindu-Buddha.

e. Kebudayaan

(ilustrasi foto/dunia pendidikan)

Setelah masuknya unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha terjadilah proses perpaduan antara kebudayaan Hindu Buddha dengan kebudayaan asli penduduk Indonesia.

Pepaduan budaya yang disebut sebagai akulturasi ini nampak pada bentuk bentuk seni bangunan, seni rupa dan ukir, seni sastra dan aksara.

Baca juga Pengaruh Hindu Budha pada Kehidupan Masyarakat Indonesia

Pemahaman Materi

Setelah membaca tentang pengaruh Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Indonesia, silahkan Ananda menjawab pertanyaan berikut.

  1. Bidang Pemerintahan …?
  2. Sosial …?
  3. Ekonomi …?
  4. Agama …?
  5. Kebudayaan …?

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button