PJJ IPS KELAS 9

Menjelaskan Definisi Perubahan Sosial Budaya Pada Tingkat Individual

Menjelaskan Definisi Perubahan Sosial Budaya Pada Tingkat Individual, Ananda adalah seorang manusia dan secara alamiah manusia memiliki keinginan untuk selalu melakukan aktifitas yang berbeda.

Mengerjakan aktifitas yang sama dan monoton (berulang-ulang) dapat memunculkan rasa bosan dan hilangnya semangat hidup. Menurut para ilmuwan, rasa bosan yang tidak dikelola dengan baik dapat mengakibatkan munculnya hal negatif.

Oleh karenanya rasa bosan memacu manusia melakukan perubahan untuk tetap positif dalam kehidupan (Westgate 2020). Hal ini menunjukkan bahwa manusia ingin selalu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dalam kehidupan. Keinginan melakukan aktifitas baru dan pengalaman berbeda mengakibatkan manusia terus mengalami perubahan.

Perubahan Pada Sisi Teknolog

Pada sisi teknologi, perubahan terjadi karena manusia ingin lepas dari pekerjaan yang monoton atau berulang. Teknologi robot dalam pabrik-pabrik pembuatan mobil digunakan untuk membantu mengerjakan pekerjaan manusia yang berulang dan monoton tanpa kehilangan ketelitian seperti mengelas, memasang baut, ataupun meyemprotkan cat.

Melalui bantuan robot, manusia menjadi memiliki waktu luang untuk memikirkan hal-hal lain seperti ide-ide baru untuk membuat mobil yeng lebih baik dan efisien.

Selain perubahan dalam sisi aktifitas, perubahan pemikiran juga terjadi sebagai akibat tuntutan perkembangan tubuh fisik manusia. Sebagai manusia, Ananda memiliki tubuh fisik yang terus berubah, menjadi besar, dewasa dan akhirnya menjadi tua.

Ananda yang semula ketika di TK merasa pantas jika dibonceng tiga oleh kedua orang tua dengan sepeda motor, kini tidak lagi terasa pantas karena Ananda bertambah besar. Pemikiran ananda yang dahulu hanya berfokus pada aktifitas bermain ketika TK, kini harus mulai serius berpikir ilmu pengetahuan di bangku SMP.

(ilustrasi foto/super adveture)

Semua perubahan fisik yang terjadi pada manusia membutuhkan perubahan pada pola pikir dan tindakan manusia. Sebagai contoh Orang tua yang dahulu hanya berpikir untuk mencukupi kebutuhan Ananda sekolah di SD, kini harus berpikir mencari uang yang lebih banyak untuk menyekolahkan Ananda di tingkat SMA atau bahkan perguruan tinggi nantinya.

Perubahan fisik memunculkan Kebutuhan Hidup

Menjelaskan Definisi Perubahan Sosial Budaya Pada Tingkat Individual, Seiring perubahan fisik yang dialami manusia muncul kebutuhan hidup yang berbeda sehingga diperlukan perubahan pola pikir dan tindakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pertumbuhan tubuh fisik selanjutnya juga disertai dengan bertambahnya tanggungjawab. Seperti layaknya orang tua, Ananda kelak juga akan menjadi orang tua. Ketika menjadi orang tua, Ananda tidak mungkin hanya memikirkan keinginan diri sendiri.

Baca juga Letak Lima Benua dan luasnya benua yang Ada di Dunia

Ananda harus belajar bertanggung jawab memenuhi kebutuhan anak-anak dan keluarga Ananda. Tanggung jawab akan bertambah besar ketika dewasa nanti, Ananda juga harus memperhatikan orang tua Ananda yang semakin tua dan lemah karena usia. Bertambahnya tanggung jawab kehidupan akan mengakibatkan perubahan cara berpikir dan bertindak menjadi lebih dewasa.

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button