PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Persebaran Penduduk di 5 Benua yang Tidak Merata

ADVERTISEMENT

Menganalisis Persebaran Penduduk di 5 Benua yang Tidak Merata, Sebaran penduduk di permukaan bumi ini tidaklah merata. Terdapat wilayah yang memiliki penduduk padat, sementara daerah lainnya memiliki penduduk yang jarang.

Demikian pula persebaran penduduk di tiap benua. Setiap benua memiliki jumlah dan kepadatan penduduk yang berbeda-beda pula. Pada umumnya penduduk akan berpusat di kota-kota besar, mengapa?

Menganalisis Persebaran Penduduk, jawaban tersebut akan Ananda temukan melalui aktivitas berikut ini. Tapi sebelumnya Ananda harus mengetahui bagaimana cara menghitung kepadatan penduduk. Untuk menghitung kepadatan penduduk digunakan rumus berikut ini!

Rumus Kepadatan Penduduk

menganalisis kualitas penduduk di 5 benua

Pada saat Ananda kelas VII, Ananda telah mempelajari tentang kualitas penduduk, bukan? Untuk membahas tentang kualitas penduduk di Benua Asia dan Benua lainnya, marilah kita ingat kembali tentang apakah kualitas penduduk, dan faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas penduduk.

Kualitas penduduk adalah taraf kehidupan atau tingkat kehidupan penduduk yang meliputi pemenuhan kebutuhan hidup utama seperti kebutuhan makanan, pakaian, perumahan, kesehatan dan pendidikan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas penduduk adalah tingkat pendapatan, pendidikan dan kesehatan. Semakin tinggi tingkat pendapatan, tingkat pendidikan,dan tingkat kesehatan maka semakin tinggi pula kualitas penduduknya.

Bagaimanakah kualitas penduduk di Benua Asia dan benua lainnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan Ananda lakukan aktivitas-aktivitas berikut!

  1. Bukalah buku siswa tentang materi dinamika penduduk Benua Asia dan benua lainnya!
  2. Siapkan pula internet dan buku referensi lainnya untuk melengkapi pengetahuan Ananda!
  3. Lakukan analisis kualitas penduduk di Benua Asia dengan benua lainnya menggunakan informasi dalam tabel berikut
  4. Tabel 1.9

Berikut ini panduan mengerjakan tabel di atas, yaitu:

  1. Pendapatan diisi dengan rata-rata pendapatan perkapita di benua tersebut,
  2. Pendidikan diisi dengan rata-rata lama sekolah, misal lulus SD, lulus SMP kelas VII, lulusa SMP dll. Bisa juga diisi dari hasil Human Development Index (HDI), bisa juga menggunakan hasil-hasil survey internasional
  3. Kesehatan diukur dari angka harapan hidup, angka kematian bayi, bisa juga berasal dari data hasil survey tentang Kesehatan.

Baca juga Pengaruh perubahan ruang terhadap kehidupan ekonomi ASEAN

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button