PJJ IPS KELAS 9

Letak Lima Benua dan luasnya benua yang Ada di Dunia

Letak Lima Benua dan luasnya benua yang Ada di Dunia, Tahukah Ananda berada pada benua manakah negara kita Indonesia? Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Benua Asia. Coba ananda amati peta dunia berikut ini !

Gambar. Peta letak lima benua (ilustrasi foto/istimewa)

Setelah mengamati peta pada gambar di atas, coba Ananda bandingkan letak dan luas Benua Asia dengan benua lainnya! Jika Ananda amati Benua Asia merupakan benua terluas di bandingkan benua lainnya.

Asia merupakan benua terluas yang wilayahnya meliputi hampir sepertiga dari luas daratan di dunia. Setiap benua terdiri banyak negara kecuali Benua Australia. Benua Australia hanya terdiri dari satu negara yaitu negara Australia. Setiap benua memiliki kondisi alam dan iklim yang berbeda-beda sesuai karakteristik wilayah.

Mungkin pada benak Ananda muncul pertanyaan-pertanyaan seperti dimana letak Benua Asia dan benua lainnya, apa saja batas benua-benua tersebut, dan bagaimana pembagian kawasan masingmasing benua.Nah pada bagian ini kita akan membahas tentang letak dan luas Benua Asia dan benua lainnya.

Menemukan letak 5 Benua pada peta

Berapakah jumlah benua di muka bumi saat ini? Ada beberapa pendapat yang berbeda tentang jumlah benua di muka bumi. Ada yang berpendapat tujuh, enam, dan lima.

Mereka yang menyebut ada tujuh benua membaginya atas Benua Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika. Mereka yang menyebut enam benua membaginya atas Benua Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika.

Mereka yang menyebut lima benua membaginya atas Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika, Afrika, Australia, dan Antartika. Ada pula yang membagi menjadi lima benua tetapi tidak mengikutsertakan Antartika, sehingga benua di dunia terdiri atas Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia.

Baca juga Perubahan ruang dan interaksi antarruang akibat faktor iklim negara Asean

Pembahasan modul ini akan berfokus pada pembagian benua atas benua Asia, Amerika, Afrika, Eropa, dan Australia. Untuk memahami tentang lima benua tersebut lakukan aktivitas berikut ini!

  1. Siapkan atlas kalian dan buka peta dunia!
  2. Amati peta pada gambar berikut!
(ilustrasi foto/istimewa)
  • Isilah tabel berikut berdasarkan gambar di atas !
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button