Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Penyebab Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat

Advertisement

Menganalisis Penyebab Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat, Ananda harus memahami bahwa kehidupan manusia dan masyarakat terus mengalami perubahan. Tidak ada masyarakat yang tetap atau statis karena hal tersebut terasa membosankan dan tidak menarik.

Perubahan dalam kehidupan masyarakat dinamakan sebagai dinamika sosial, dimana dinamis artinya selalu berubah. Perubahan sosial dan budaya yang terjadi dalam masyarakat membuat masyarakat berkembang hingga mencapai bentuknya saat ini.

Sedikitnya terdapat tiga faktor yang memotivasi masyarakat untuk berubah. Healy (1998) dan Sztompka (2000) menjelaskan bahwa perubahan masyarakat diakibatkan oleh: Pertama, pertambahan populasi manusia yang memunculkan masalah dan memerlukan solusi.

Advertisement

Populasi manusia yang bertambah mengakibatkan kehidupan masyarakat berubah menjadi kompleks dari waktu ke waktu. Pertambahan populasi manusia mengakibatkan perlu dibangunnya lebih banyak rumah, sawah, pekerja, alatalat pengangkut hasil panen dan lain-lain.

Hal ini mengubah bentuk keadaan suatu wilayah. Faktor kedua adalah karena kebutuhan ekonomi dimana suatu kelompok masyarakat atau bangsa akan bersaing dengan masyarakat lain untuk mengakses sumber daya alam.

Penemuan-Penemuan Baru

Suatu masyarakat yang tidak berubah dan berkembang akan kesulitan bersaing dengan masyarakat lain. Faktor ketiga adalah akibat adanya penemuan-penemuan baru.

Suatu ide, teknologi dan praktek baru yang ditemukan manusia dan berguna untuk menyelesaikan satu masalah akan dengan mudah menyebar dari individu ke individu lain, dari individu kepada masyarakat maupun satu kelompok masyarakat ke masyarakat lain. Penerimaan suatu ide dan praktek baru dalam masyarakat akan mengakibatkan perubahan pada masyarakat tersebut. (Healy 1998; Sztompka 2000)

Baca juga Menjelaskan etnis 5 benua yang tersebar di Seluruh Dunia

Menganalisis Penyebab Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat, Setelah ananda memahami tentang beberapa penyebab perubahan dalam kehidupan sosial atau masyarakat. Lakukanlah aktifitas mengisi tabel berikut ini untuk menguji pengetahuan Ananda. Berikan tanda (√) pada contoh yang menunjukkan perubahan sosial atau budaya. Soal nomor 1 sudah dijawab sebagai contoh untuk Ananda.

Advertisement
No.Bentuk PerubahanPerubahan Akibat Pertambahan PopulasiPerubahan Akibat Kebutuhan Bersaing dengan Negara LainPerubahan Akibat Pemanfaatan Teknologi Baru
1Pembangunan rumah susun di perkotaan untuk mengatasi lahan kosong yang semakin sedikitx  
2Penjual makanan yang ikut menggunakan layanan aplikasi online untuk berjualan   
3Pembuatan jalan tol dan rel kereta api cepat untuk memperlancar perdagangan dan aktifitas penduduk   
4Pembuatan playground (tempat bermain anak) agar anak aman dari resiko kecelakaan akibat keramaian jalan   
5Pengiriman dosen dan mahasiswa bersekolah di luar negeri untuk menuntut ilmu   
6Penggunaan teknologi pembelajaran daring untuk mengurangi penggunaan kertas untuk ujian   
Tabel perubahan sosial atau budaya
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button