Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Kehidupan masyarakat Pada Masa Orde Baru

Advertisement

Menganalisis Kehidupan masyarakat Pada Masa Orde Baru, Bagaimana perjalanan bangsa Indonesia pada masa Orde Baru? Selama 32 tahun pemerintahan Orde Baru terdapat berbagai catatan kemajuan dalam pembangunan di Indonesia.

Berbagai perubahan politik, ekonomi, sosial dan budaya terjadi pada masa Orde Baru. Selain catatan positif, Orde Baru juga memiliki catatan negatif dalam perjalanannya.

Kehidupan politik pada masa Orde Baru

Perubahan apa saja yang terjadi dalam bidang politik pada masa Orde Baru? Pada masa Orde Baru, sistem demokrasi yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia adalah Demokrasi Pancasila.

Advertisement

Demokrasi Pancasila yang berorientasi pada pengamalan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu pelaksanaan nyata dari sistem demokrasi Pancasila adalah dengan adanya pemilihan umum (Pemilu).

Pemilu pada masa Orde Baru adalah untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk dalam keanggotaan DPR dan MPR. Penyelenggaraan pemilu di Indonesia didasarkan kepada asas luber, yakni langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Selama pemerintah Orde Baru telah berhasil melaksanakan pemilu sebanyak 6 kali, yakni: Pemilu I (3 Juli 1971), Pemilu II (2 Mei 1977), Pemilu III (4 Mei 1982), Pemilu IV (23 April 1987), Pemilu V (9 Juni 1992), Pemilu VI (29 Mei 1997).

Menganalisis Kehidupan masyarakat Pada Masa Orde Baru. Kebebasan berpolitik pada masa Orde Baru mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Salah satu buktinya adalah penyederhanaan partai politik yang dilakukan. Pada masa akhir pemerintahan Orde Baru, hanya ada 3 partai politik yang diperbolehkan ikut dalam pemilu, yaitu PPP, Golkar, dan PDI.

Kehidupan Ekonomi Pada Masa Orde Baru

Setelah berhasil memulihkan kondisi politik bangsa Indonesia, langkah selanjutnya yang ditempuh pemerintah RI adalah melaksanakan Pembangunan Nasional. Kondisi perekonomian yang semakin terpuruk pada saat masa demokrasi terpimpin, terjadi inflasi yang sangat tinggi.

Gambar 63a. Kesulitan ekonomi yang mencekam, menjadikan rakyat antri bantuan beras dan minyak tanah (ilustrasi foto/Kompas.com)

Barang-barang kebutuhan pokok semakin sulit di dapatkan dan tidak terjangkau oleh masyarakat. Hal ini merupakan dampak dari politik mercusuar yang mementingkan nama besar Indonesia di mata dunia Internasional, dan mengesampingkan kehidupan ekonomi masyarakat yang semakin sulit dan tidak menentu.

Advertisement

Baca juga Rangkuman Masa Orde Baru (1966 – 1998)

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button