PJJ IPS KELAS 9

Ekonomi Kreatif Merupakan Konsep Ekonomi Baru

Ekonomi Kreatif Merupakan Konsep Ekonomi Baru, Apakah Ananda kelak ingin bekerja di bidang periklanan? Desain? atau bidang lainnya yang terkait dengan seni? Jika ya, berarti ini adalah saat yang tepat untuk mengenali apa itu ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang mengedepankan informasi dan kreativitas. Ekonomi kreatif berkembang seiring dengan gelombang revolusi industri 4.0 yang telah membawa perubahan fundamental pada berbagai tatanan kehidupan global.

Ditandai dengan semakin berkembangnya kreativitas dan inovasi dengan pemanfaatan teknologi informasi artificial intelligence (AI), internet of things, human-machine interface, dan merebaknya fenomena sharing economy.

Pada modul ini Ananda akan mempelajari tentang pentingnya ekonomi kreatif, jenis-jenis ekonomi kreatif dan keunggulan mutlak dan komparatif.

Konsep Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif saat ini menjadi pilar ekonomi negara. Pengembangan ekonomi kreatif dilakukan oleh negara dengan cara memfasilitasi para pengusaha. Apakah yang dimaksud ekonomi kreatif?

Ekonomi kreatif menurut Howkins (Mega utami et all, 2015: 3) adalah kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang.

Jadi inti dari ekonomi kreatif adalah gagasan atau ide. Gagasan aatau ide dalam ekonomi kreatif dalah kreativitas yang orisinil dan dapat dimiliki sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Kemampuan untuk mewujudkan kreativitas atau gagasan dengan nilai seni, teknologi dan budaya ini dapat memunculkan ekonomi kreatif yang berpotensi sebagai alternatif pembangunan ekonomi dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam menghasilkan sesuatu hal yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya. Jadi kegiatan ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi dengan input dan output berupa gagasan.

Pengusaha-pengusaha Indonesia saat ini mulai melihat peluang di industri kreatif. Industri kreatif diharapkan dapat meningkatkan nilai daya saing. Industri ini memicu tumbuhnya ekonomi kreatif yang dapat memunculkan inovasi dan kreativitas pengusaha dan hasil akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ekonomi kreatif akan menggeser produk-produk hasil industri konvensional dan memberikan solusi baru yang lebih tepat untuk kebutuhan pasar. Nah pada bagian ini Ananda akan mempelajari tentang pentingnya ekonomi kreatif, manfaat ekonomi kreatif, dan hambatan ekonomi kreatif.

Baca juga Kegagalan Mengusir Imperialisme dan Kolonialisme di Berbagai Daerah

Ekonomi kreatif populer pada kalangan anak muda (ilustrasi foto/CoHive)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker