Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis peluang dan tantangan dalam perubahan sosial budaya

Advertisement

Menganalisis peluang dan tantangan dalam perubahan sosial budaya, perubahan sosial budaya adalah suatu hal penting untuk menciptakan kemajuan dalam kehidupan masyarakat. Melalui perubahan sosial dan budaya, suatu masyarakat berpeluang untuk dapat berkembang karena dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan terbaru yang dihadapinya sehingga tercipta kehidupan yang lebih baik.

Menganalisis peluang dan tantangan, meskipun perubahan sosial budaya dapat memberikan peluang yang baik bagi masyarakat, tetapi perubahan juga memberikan tantangan bagi individu-individu yang harus selalu berubah untuk berkembang.

Bagi remaja usia SMP, SMA ataupun mahasiswa, suatu perubahan sosial dan kebudayaan cenderung dianggap baik dan tidak menakutkan. Ketika usia remaja, karena nilai-nilai budaya dan cara hidup yang mapan belum kuat tertanam kuat maka suatu perubahan sosial budaya akan mudah diterima.

Advertisement

Perubahan sosial budaya disambut baik generasi muda karena menunjukkan kemajuan atau perbaikan atas kondisi lama yang dianggap kuno dan tidak sesuai zaman. Remaja memiliki sifat ingin terus belajar sehingga mudah beradaptasi dengan perubahan sosial dan budaya.

Keadaan berbeda terjadi pada kaum dewasa terutama penduduk berusia tengah baya yaitu usia di atas 50 tahun. Kelompok usia tua akan kesulitan menerima perubahan sosial budaya karena menimbulkan ketidaknyamanan dalam kehidupannya.

Generasi tua memiliki cara hidup yang mapan dan kuat memegang nilai-nilai kebudayaan lama. Hal ini membuat mereka kesulitan dalam menghadapi perubahan sosial yang dianggap mengganggu kestabilan hidup mereka yang nyaman.

Sesuai dengan pendapat Sztompka, suatu perubahan sosial dan budaya dapat mengakibatkan perasaan tidak nyaman bagi beberapa pihak terutama golongan tua karena mengganggu tata kehidupan yang semula stabil dan nyaman (Sztompka 2000).

Bagi generasi tua, suatu perubahan sosial dapat mengakibatkan kebingungan dan kecemasan. Hal ini akibat perubahan sosial memaksa generasi tua menghadapi situasi yang benar-benar baru, berbeda dengan kondisi lama yang terbiasa mereka hadapi.

Contoh Dampak Perubahan sosial

Sebagai contoh perubahan sosial yang cepat seperti terciptanya telepon pintar (smartphone) untuk berinteraksi. Hal ini sangat disambut baik generasi muda karena memudahkan komunikasi, penyebaran informasi, transportasi, transaksi jasa keuangan, perdagangan dengan biaya yang murah.

Advertisement

Sebaliknya, bagi generasi tua karena terbiasa melakukan berbagai transaksi yang bersifat offline, mereka kesulitan mengakses trasnportasi yang kini beralih pada pemesanan online.

Untuk dapat mengakses berbagai layanan yang dinikmati generasi muda, mereka harus terlebih dahulu mengetahui fungsi email, menginstal berbagai aplikasi baru dalam smartphone dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan yang mereka butuhkan.

Baca juga Letak Lima Benua dan luasnya benua yang Ada di Dunia

Advertisement

Semua hal ini sangat menantang bagi generasi tua karena mereka telah terbiasa melaksanakan segala macam pendaftaran melalui formulir yang dibuat dalam kertas cetak. Bagi kaum muda, hal ini bukan menjadi masalah karena mereka tidak pernah mengalami zaman seperti yang pernah dialami generasi tua.

Gambar. Foto Orang tua belajar menggunakan smartphone (ilustrasi foto/ /pxfuel.com)
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button