Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Perselisihan Antar Generasi Akibat Perubahan Sosial Budaya

Advertisement

Menganalisis Perselisihan Antar Generasi Akibat Perubahan Sosial Budaya, Adanya dua cara pandang antara generasi muda dan generasi tua dalam menghadapi perubahan sosial budaya dapat menimbulkan konflik atau perselisihan antar generasi.

Perselisihan ini terjadi karena pada satu pihak, generasi tua ingin bertahan pada tatanan kehidupan, nilai dan aturan tradisional lama yang membuat mereka nyaman, sementara golongan muda ingin melakukan perubahan demi mencapai cara hidup yang lebih sesuai dengan kebutuhan masa kini. Bagi generasi muda, aturan dan cara hidup lama dianggap tidak lagi sesuai dengan kebutuhan hidup masa kini yang semakin kompleks.

Menurut Collocott adalah hal yang wajar bagi generasi muda untuk senantiasa mempertanyakan fungsi adat dan budaya lama yang harus patuhi dan ikuti, karena kini mereka mengalami tekanan zaman baru yang lebih menantang dan tidak dapat diselesaikan oleh aturan dan tatanan budaya lama (Collocott 1945).

Advertisement
Gambar. Foto generasi muda Kota Zagreb Kroasia berdemo menuntut perubahan gaya hidup dan perlindungan alam untuk mengatasi perubahan iklim. (ilustrasi foto/pxfuel.com)

Menganalisis Perselisihan Antar Generasi Akibat Perubahan Sosial Budaya , setelah memahami tentang materi yang ada diatas, Ananda memiliki tugas untuk mengetahui adanya perbedaan cara pandang suatu kelompok manusia tentang perubahan budaya yang terjadi.

Tanyakan kepada orang yeng lebih dewasa dari anda, orang tua, paman, bibi atau kakek nenek kalian tentang bentuk-bentuk budaya baru yang mereka anggap tidak baik karena tidak sesuai dengan budaya lama mereka.

Setelah itu tanyakan persepsi golongan muda seperti kakak atau teman sebaya terkait budaya baru yang dikomentari oleh kelompok dewasa tersebut.

Bentuk Budaya BaruPandangan generasi muda (Kakak, teman sebaya)Pandangan generasi tua (orang tua, kakek, nenek, paman, bibi)
…… …………… ……………. …………. … …… …………… ……………. …………. … …… …………… ……………. …………. ……… …………… ……………. …………. … …… …………… ……………. …………. … …… …………… ……………. …………. ……… …………… ……………. …………. … …… …………… ……………. …………. … …… …………… ……………. …………. …
Tabel perubahan budaya dilingkungan sekitar kita

Latihan

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas di atas, kerjakan latihan di bawah ini.

  1. Jelaskan mengapa perubahan sosial dapat memberikan peluang yang bermanfaat bagi masyarakat
  2. Jelaskan mengapa perubahan sosial dapat memberikan tantangan bagi kehidupan manusia!
  3. Jelaskan kelompok masyarakat manakah yang biasanya dapat menerima perubahan sosial dengan mudah, dan mengapa demikian!
  4. Jelaskan kelompok masyarakat mana yang biasanya mengalami kesulitan dalam menghadapi perubahan sosial budaya, berikan alasan!
  5.  Berikan 2 contoh perubahan sosial yang disambut baik generasi muda tetapi memberikan kesulitan bagi generasi tua untuk melaksanakannya.

Rangkuman

  1. Perubahan sosial budaya adalah suatu hal penting untuk menciptakan kemajuan dalam masyarakat. Meskipun memberikan peluang positif untuk kemajuan, perubahan sosial budaya juga memberikan tantangan yaitu kerelaan masyarakat untuk terus berubah untuk berkembang.
  2. 2. Perubahan sosial budaya disambut baik oleh generasi muda karena menunjukkan kemajuan tetapi seringkali menyulitkan generasi tua yang telah memiliki cara hidup yang mapan dan nyaman.

Baca juga Menganalisis pengaruh letak terhadap kondisi iklim di 5 Benua

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button