Pelajaran SMPSeni Budaya Kelas 7

Menampilkan Musik Ansambel

BUGURUKU.COM – Menampilkan Musik Ansambel,  Alat musik ritmis adalah alat musik yang berfungsi sebagai pengiring melodi pokok. Alat ini ada yang bernada dan ada yang tidak bernada. Kamu sudah mengenalnya sejak kamu di sekolah dasar. Contohnya ringbell dan bedug. Coba kamu sebutkan nama alat-alat musik dan daerah asalnya.

Menampilkan Musik Ansambel, Jika kamu tidak memiliki alat musik tersebut, kamu dapat mengganti dengan berbagai benda yang dapat dijadikan alat musik ritmis, bisa tepuk, ketuk atau menggunakan barang bekas seperti botol, kaleng, plastik diisi biji-bijian.

Alat musik melodis

Adalah alat musik yang berfungsi membawakan melodi suatu lagu. Contohnya rekorder dan terompet. Sebutkan alat musik melodis tersebut dan bagaimana cara memainkannya. Kamu sudah belajar bermain rekorder pada semester lalu. Sekarang ulangi lagi Masih ingatkah kamu cara bermain rekorder, suling bambu, dan cara memainkan saron?

Alat Musik Harmonis

Banyak ragamnya alat musik harmonis ada yang sumber bunyinya dawai, ada juga elektronik. Alat musik ini bisa digunakan untuk melodi pokok suatu lagu atau untuk mengiringi lagu. Yang termasuk alat musik harmonis, misalnya piano, elekton, organ, dan gitar.

Bermain gitar

Nah, pada pembelajaran kali ini, kita akan belajar bermain gitar. Gitar adalah alat musik chordofone yaitu alat musik yang sumber bunyinya dawai. Gitar adalah alat musik yang praktis, mudah dibawa sehingga banyak orang menggunakan sebagai hiburan di mana pun dan kapan saja.

Alat musik gitar ada yang elektrik menggunakan listrik dan ada yang akustik. Alat musik gitar akustik memiliki enam dawai. Dawai nada satu bernada e, dawai dua bernada b, dawai tiga bernada g, dawai empat ber nada d, dawai lima bernada a, dan dawai enam bernada e.

Baca juga Memainkan Alat Musik Melodis

Ketika bermain gitar, kamu sering mendengar kunci gitar, yaitu kunci c, g, f, d, a, e, b. Kunci gitar mayor, minor dominan, septime dan sebagainya. Sebenarnya itu bukan kunci tetapi akor yaitu paduan beberapa nada yang terdengar merdu. Tanda kunci dalam notasi musik hanya dikenal dengan tiga jenis saja yaitu kunci G, kunci C, dan kunci F. Sewaktu bermain gitar, kadang bunyinya tidak jernih karena dawai tersentuh jari kiri. Berikut penjarian dalam bermain gitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button