Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 8Sejarah

Masa Pendudukan Jepang dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia

Advertisement

Masa Pendudukan Jepang dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Kalian sudah tahu bukan bahwa salah satu penyebab Perang Dunia II adalah penyerangan Jepang atas Pearl Harbour. Jepang adalah salah satu negara yang terlibat dalam perang tersebut. Jepang ingin menguasai seluruh daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Indonesia termasuk wilayah yang diincar untuk memperluas kekuasaan Jepang.

Pada tahun 1942, Jepang berhasil mengalahkan Belanda yang berkuasa di Indonesia. Akibatnya, bangsa Indonesia beralih menjadi jajahan Jepang. Masa penjajahan Jepang hanyalah sebentar, namun luka akibat penjajahan Jepang masih terasa hingga sekarang.

Di sisi lain, pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, usaha pergerakan kebangsaan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan semakin jelas. Mengapa negara kecil seperti Jepang dapat menjajah Indonesia?

Advertisement

Bagaimana Jepang masuk dan menguasai Indonesia? Bagaimana usaha bangsa Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan pada masa pendudukan Jepang? Mari kita telusuri melalui pembahasan berikut ini!

Jepang sebagai Negara Kuat

Dapatkah kalian menunjukkan di mana letak Jepang dalam peta? Jepang hanyalah sebuah negara kecil, apalagi jika dibandingkan dengan negara kita. Untuk memahami negara lain, kita harus memahami sejarah negara tersebut.

Jepang merupakan negara fasis dengan kekuatan militer yang sangat kuat. Sejak 1868 (Restorasi Meiji), Jepang melakukan modernisasi dan berhasil menjadi bangsa unggul sebanding dengan negara-negara Barat. 

Sebelumnya, selama 200 tahun Jepang di bawah kekuasaan Shogun Tokugawa (1638—1854). Shogun Tokugawa melaksanakan politik isolasi, yaitu politik menutup diri dari bangsa asing.

Jepang melarang hubungan dagang dengan negara mana pun, kecuali beberapa negara yang dianggap tidak membahayakan pengaruhnya bagi Jepang.

Penutupan hubungan Jepang dengan negara-negara lain menimbulkan penentangan, baik dari dalam negeri maupun dari luar Jepang. Pada 1867, Pangeran Matsuhito yang bergelar Meiji Tenno menggantikan kekuasaan Shogun Tokugawa.

Advertisement

Di bawah pemerintahannya, Jepang berhasil berubah menjadi negara yang kuat dan maju. Bangsa Jepang meniru berbagai sistem Barat dalam mengembangkan negaranya. Ilmuwan-ilmuwan Jepang mampu meniru ilmuwan Barat, bahkan mengunggulinya.

Masa Pendudukan Jepang dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Sistem pemerintahan Jepang juga diperbarui dengan banyak mencontoh sistem pemerintahan Barat. Jepang tumbuh menjadi negara industri, kemudian menjadi bangsa imperialis.

Baca juga Jepang mulai menguasai wilayah Indonesia

Advertisement

Ajaran Hakko-ichi-u dalam Shintoisme mengajarkan bahwa Jepang mempunyai kewajiban memimpin bangsa-bangsa di dunia. Inilah salah satu pendorong bangsa Jepang ingin menguasai Asia Pasifik.

Untuk mencapai cita-citanya, Jepang melakukan propaganda yang menyatakan dirinya sebagai saudara tua bangsa-bangsa Asia-Pasifik. Jepang meyakinkan bangsa-bangsa Asia bahwa pendudukannya adalah sebagai upaya pembebasan dari kesengsaraan dan penderitaan.

Untuk mencapai cita-citanya, Jepang melakukan propaganda yang menyatakan dirinya sebagai saudara tua bangsa-bangsa Asia-Pasifik. (ilustrasi foto/Liputan6)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button