Advertisement
Advertisement
EkonomiIPS Kelas 8

Kedudukan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Advertisement

Kedudukan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Kegiatan pokok ekonomi terdiri dari kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi. Kegiatan-kegiatan tersebut masing-masing dilakukan oleh konsumen, produsen, dan distributor. Sering kali terjadi seorang produsen sekaligus bertindak sebagai distributor. 

Ketiga kegiatan tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dengan demikian, pelaku-pelakunya juga akan berinteraksi satu sama lain. Seorang konsumen akan mengonsumsi barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen.

Agar barang hasil produksi produsen dapat sampai ke tangan konsumen, perlu kegiatan distribusi yang dilakukan distributor. Agar dapat berinteraksi dengan baik, konsumen, produsen, dan distributor akan bertemu di suatu tempat (baik dalam arti fisik maupun tidak) yang disebut pasar.

Advertisement

Di pasar, konsumen bertindak sebagai pembeli dan produsen atau distributor akan bertindak sebagai penjual. Jadi, dalam hal ini pasar berkedudukan sebagai jembatan yang menghubungkan produsen, konsumen, dan distributor dalam melakukan transaksi jual beli.

Peran Pasar

Keberadaan pasar sangat penting dalam perekonomian. Dengan keberadaan pasar, perekonomian secara umum serta penjual dan pembeli, khususnya dapat memperoleh banyak manfaat. Manfaatmanfaat tersebut, antara lain sebagai berikut.

1. Produsen

Bagi produsen, pasar berfungsi sebagai

a. tempat untuk memperkenalkan/mempromosikan hasil produksi; b. tempat untuk menjual (mendistribusikan) hasil produksi; c. tempat untuk membeli input yang diperlukan untuk proses produksi.

2. Konsumen

Bagi konsumen, pasar merupakan tempat untuk memperoleh barang/jasa yang dibutuhkan dengan mudah.

3. Perekonomian secara Umum

Bagi perekonomian secara umum, pasar dapat berfungsi untuk.

Advertisement

a. mempercepat laju pertumbuhan ekonomi; b. membuka kesempatan kerja; c. meningkatkan pendapatan masyarakat; d. membantu pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.

Rangkuman

Kedudukan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Pasar terjadi bila terpenuhinya syarat ada penjual dan pembeli; ada barang dan jasa yang akan diperjualbelikan; ada interaksi antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ada berbagai bentuk pasar yang dapat digolongkan berdasarkan cara penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli, berdasarkan jenis barang atau jasa yang diperjualbelikan, berdasarkan luas jangkauan pemasarannya, berdasarkan periode waktu terjadinya transaksi jual beli, dan berdasarkan banyaknya penjual/produsen dan pembeli/konsumen yang ada di pasar.

Advertisement

Baca juga Pasar Monopsoni satu pembeli saja namun ada banyak penjual

Pasar memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian. Pasar berkedudukan sebagai jembatan yang mengaitkan kegiatan pokok ekonomi dalam masyarakat yang terdiri dari kegiatan konsumsi, kegiatan produksi, dan kegiatan distribusi. 

  1. Bagi produsen, pasar berfungsi sebagai tempat untuk memperkenalkan/mempromosikan hasil produksi, tempat untuk menjual (mendistribusikan) hasil produksi, dan tempat untuk membeli input yang diperlukan untuk proses produksi.
  2. Bagi konsumen, pasar merupakan tempat untuk memperoleh barang/jasa yang dibutuhkan dengan mudah.
  3. Bagi perekonomian secara umum, pasar dapat berfungsi untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, membuka kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan membantu pemeratan pembangunan dan hasil-hasilnya.
Pasar sebagai jembatan yang mengaitkan kegiatan pokok ekonomi dalam masyarakat. (ilustrasi foto/Liputan6)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button