Berita

Masa Belajar di SMK Akan Manjadi Empat Tahun

Masa Belajar di SMK Akan Manjadi Empat Tahun, Terobosan kemajuan pendidikan di Indonesia terus coba sejalan dengan perkembangan dan perubahan jaman di era revolusi Industri 4.0. Pemerintah melalui kemdikbud berusaha untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di sekolah.

Sekolah Menengah Kejuruan yang diharapkan mampu beradaptasi dan menyesuikan dengan pertumbuhan dan perkembangan Industri dan kebutuhan Tenaga Kerja di Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia membuat terobosan dengan mengubah masa studi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang semula 3 tahun akan ditambah 1 tahun menjadi 4 tahun.

Rencana masa pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan 4 tahun akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Lulusan yang dihasilkan dari SMK masa studi 4 tahun akan setara dengan program D1.

Penambahan masa studi Sekolah Mengah Kejuruan menjadi empat tahun disampaikan oleh Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kembidbud, Wikan Skarinto.

Sekolah Menengah Kejuruan yang masa studi 3 tahun bisa menyesuikan menjadi empat tahun. Perubahan masa studi menjadi empat tahun tidak diberlakuan untuk semua program studi dalam waktu dekat ini.

“Perubahan ini di mulai dari prograk studi tertentu” ujar Direktur Jendral Pendidikan Vikasi kemdikbud Wikan Sukarinto disampaikan dalam webinar di Jakarta, Rabu.

Kegiatan Belajar di SMK dengan durasi waktu empat tahun memiliki waktu panjang untuk melakukan program prakter kerja lapangan di Industri. Jika siswa belum melaksanakan program praktek kerja lapangan maka belum bisa diluluskan.

Perubahan masa studi menjadi 4 tahun

Harus dibarengi dengan perubahan kurikulum yang menyesuikan dengan dunia Industri sebagai acuan menjalankan pembelajaran. Kemampuan siswa harus meliputi kemampuan teknis dan nonteknis. Sehingga bisa menjadi lulusan yang fleksibel dan mampu bekerja di industri sesuai dengan program studi yang dipelajari.

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan sesuai dengan dengan kebutuhan dunia Industri. Mulai dari bekerjasama dengan industri, peningkatan kompetensi Guru dan Kepala Sekolah hingga penyusunan kurikulum bersama industri.

Masa Belajar di SMK Akan Manjadi Empat Tahun, dalam waktu dekat ini akan dilakukan sosialisasi SMK dengan masa studi empat tahun diharapkan mampu menarik perhatian siswa-siswi yang akan melanjutkan. Terutama siswa-siswi tingkat SMP dan orang tua yang akan melanjutkan sekolah ke tingkat SMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button