Advertisement
Advertisement
Berita

Latihan Dasar Kepemimpinan SMPN 20 Depok

Advertisement

Pada hari Sabtu (8/10/2022) sekitar jam 7 pagi siswa-siswi SMPN 20 Depok diberangkatkan ke Yon Bekang KOSTRAD Cibinong diangkut menggunakan tronton Yon Bekang untuk mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan. Peserta LDK SMPN 20 Depok hanya mengikutsertakan Kelas VII dengan pendamping Bapak/Ibu Guru.

Yang menjadi titik kumpul keberangkatan LDK di area masjid Kubah Emas Jalan Meruyung Raya, merupakan area yang paling terdekat dan mudah dijangkau dari SMPN 20 Depok.

Di Area titik kumpul keberangkatan LDK SMPN 20 Depok sedikit terganggu dengan kemacetan karena banyaknya kendaraan orang tua siswa yang mengantar keberangkatan. Setelah peserta LDK diberangkatkan secara berangsur jalan Meruyung Raya mulai terurai dan lancar kembali.

Advertisement

Prosesi Pelepasan Peserta LDK

Sebelum keberangkatan menuju tempat Latihan dasar kepemimpinan (LDK), dilakukan prosesi pelepasan peserta yang dilakukan oleh kepala sekolah SMPN 20 Depok. Dengan mengucapkan Bismillah Peserta LDK SMPN 20 Depok dilepas dengan mengangkat bendera. Satu per satu mobil tronton Yon Belang melaju beriringan menuju tempat LDK di Yon Bekang Cibinong.

Yon Bekang Cibinong tidak terlalu jauh dari SMPN 20 Depok, bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Perjalanan yang dilalui cukup mulus karena berada di wilayah kota Depok sedangkan Yon Bekang Cibinong Kabupaten Bogor berbatasan langsung dengan Kota Depok.

Tempat LDK SMPN 20 Depok

Sesampainya di tempat tujuan LDK yang berlokasi di Yon Bekang KOSTRAD Angkatan Darat di Cibinong. Peserta langsung menuju tenda pleton yang sudah disiapkan, tenda pleton lumayan cukup besar bisa menampung 30/40 orang peserta LDK. Peserta menempati tenda pleton secara berkelompok berdasarkan kelompok kelas.

Agenda kegiatan LDK SMPN 20 Depok, sudah disusun oleh Yon Bekang KOSTRAD dengan persetujuan sekolah. Agendanya cukup padat akan menyita waktu dan tenaga selama mengikuti LDK. Peserta harus menyesuaikan semua kegiatan sesuai dengan agenda kegiatan dan tata cara Anggota TNI selama mengikuti LDK.

Baca juga Kegiatan belajar tatap muka di SMPN 20 Depok  Berjalan Kondusif

Kegiatan dalam LDK

Yang dilakukan selama LDK di Yon Bekang Cibinong, peserta mulai diperkenalkan dengan sikap sebagai seorang TNI, mulai dari bagaimana menggunakan seragam dan memeriksa pakaian yang dikenakan oleh peserta LDK.

Advertisement

Peserta LDK harus satu komando seperti pada sesi makan, makan harus tepat waktu dan bersama-sama dalam satu tempat dengan model tempat makan yang sama juga dan menu makanan yang sama, makanan yang disantap harus habis dengan waktu harus cukup 20 menit. 

Salah satu bagian memperkenalkan kegiatan makan anggota TNI (foto/istimewa)

Kondisi ini biasa dilakukan oleh Anggota TNI kita. Dicontohkan kepada anak-anak Peserta LDK SMPN 20 Depok. Kegiatan ini akan bermanfaat untuk menanamkan sikap disiplin pada peserta Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) baik disiplin waktu maupun tata cara menggunakan seragam sekolah.

Bapak/Ibu Guru sebagai pendamping kegiatan diperkenalkan juga mengenai alutsista yang dipergunakan oleh TNI khususnya alutsista Yon Bekang KOSTRAD angkatan darat. Selain diperkenalkan secara fisik Bapak/Ibu Guru dibimbing cara menggunakan senjata laras pendek (pistol) dan senjata laras panjang.

Advertisement

Rentetan kegiatan terus berjalan sesuai dengan Agenda yang sudah dibuat, mulai dari upacara pembukaan sampai akhirnya ditutup kembali dengan Upacara penutupan. Dilanjutkan dengan Ramah ramah dengan para Pelatih dari TNI Yon Bekang KOSTRAD. (P’e / buguruku)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button