Advertisement
Advertisement
ArtikelBeritaPerkantoran

Jenis layanan bisnis perkantoran

Advertisement

Layanan pelanggan dalam penerapannya memiliki beberapa jenis. Setidaknya ada lima jenis layanan bisnis perkantoran, berhubungan dengan layanan pelanggan yang dijelaskan sebagai berikut.

a. Layanan pelanggan berjalan

Jenis layanan berjalan merupakan pelayanan terhadap pelanggan yang dilakukan dengan cara bertemu langsung secara fisik dengan pelanggan. Pelanggan harus datang ke kantor layanan pelanggan dan menyampaikan keluhannya atau kebutuhannya. Kadang terjadi antrian panjang untuk mendapatkan layanan. Jenis layanan ini cukup menyita waktu. 

b. Layanan pelanggan melalui email dan telepon

Jenis layanan bisnis perkantoran. Perkembangan bisnis sekarang ini sudah masuk dalam era digitalisasi. Untuk menghemat biaya dan menerapkan layanan pelanggan virtual, tren yang sekarang ini digunakan untuk layanan pelanggan adalah dengan menggunakan layanan call service dan email untuk memudahkan penyampaian keluhan. Seperti contoh layanan pelanggan PLN, Telkom dan layanan pembelian online. 

Advertisement

c. Layanan pelanggan melalui livechat

Jenis layanan bisnis perkantoran. Livechat merupakan jenis layanan yang secara langsung dapat dilakukan berupa obrolan yang telah dipersonalisasi antara pelanggan dan departemen layanan. 

Livechat bisa membuat percakapan dan keterlibatan secara langsung atau real-time. Pelanggan dengan zona waktu berbeda tidak perlu menunggu jam kerja untuk menyampaikan keluhan, sebab livechat menawarkan aksesibilitas sepanjang waktu. Tools livechat cukup modern dan lebih akurat karena memiliki kemampuan dalam memahami konteks pelanggan, baik melalui audio maupun visual. 

Keunggulan livechat dalam bisnis adalah:

  1. Bisnis akan selalu bergerak secara online.
  2. Dapat menjaga kedekatan dengan pelanggan setiap saat.
  3. Biaya akan lebih hemat.
  4. Tren layanan akan terlihat lebih berkelas.

d. Layanan self-service

Jasa layanan mandiri merupakan departemen layanan pelanggan yang memberikan pelayanan lebih instan, ramah dan akurat, pelanggan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. 

Jenis layanan bisnis perkantoran. Keunggulan dari jenis layanan seperti ini dilihat dari pelanggan adalah solusi terhadap masalah yang dihadapi pelanggan dapat ditentukan oleh pelanggan itu sendiri. Jenis layanan seperti ini dapat diperoleh pada kanal chatbots, FAQ, artikel berbasis pengetahuan, panduan produk, tutorial video dan sebagainya. Jenis layanan ini cocok digunakan perusahaan yang mendapatkan permintaan yang bersifat umum seperti refund, retur produk, atau invoice.

e. Layanan pelanggan melalui komunitas dan forum

Komunitas dan forum adalah kanal layanan pelanggan yang dibangun oleh pengguna jasa layanan/produk. Untuk penggunaan layanan ini sebuah bisnis/usaha harus mampu menciptakan pengikut dan komunitas yang lebih besar berdasarkan brand yang mereka miliki. Kecepatan respon terhadap layanan pelanggan terkadang arbitrer atau tergantung pada keaktifan anggotanya.

Advertisement

Tujuan Bisnis

Dari artikel https://belajargiat.id/bisnis/ yang diunduh pada tanggal 30 Mei 2021 Pukul 18.34 WIB lalu ditemukan bahwa tujuan bisnis tentunya mendapatkan keuntungan atau laba, namun tujuan yang lain dari bisnis, meliputi:

  1. untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup;
  2. untuk menambah kesejahteraan dan kemakmuran keluarga;
  3. untuk memenuhi kebutuhan pencitraan diri maupun usahanya, agar semakin dikenal di masyarakat;
  4. untuk mempertahankan kelangsungan usaha sehingga mampu terus berdiri/berjalan;
  5. untuk meningkatkan kreatifitas atau memunculkan gagasan baru yang dapat memajukan usaha yang sudah ada, karena bertambahnya pengalaman dalam menjalankan usaha;
  6. untuk mengisi waktu atau memanfaatkan waktu, melalui operasional dalam kegiatan bisnis;
  7. Untuk menopang kebutuhan sendiri dan tidak tergantung dari orang lain; dan
  8. untuk memperoleh simpati atau pencitraan.

Manfaat Bisnis

Kegiatan bisnis dapat memberikan beberapa manfaat kepada pelaku bisnis, antara lain:

a. Memperoleh penghargaan atau pengakuan

Penghargaan atau pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya suatu bisnis yang berhasil dan tumbuh serta berkembang dapat memberi dampak positif kepada masyarakat yang akan memberikan kamu pengakuan positif dari masyarakat itu sendiri.

Advertisement

b. Kesempatan untuk menjadi bos bagi diri sendiri

Dengan berbisnis juga akan menjadi seorang penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis yang dijalankan ditentukan oleh kemampuan diri sendiri, dengan kata lain menjadi bos.

Baca juga Tren Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia 2019

c. Menggaji diri sendiri

Dengan usaha yang dilakukan sendiri maka besar kecilnya gaji atau pendapatan dapat ditentukan sendiri.

Advertisement

d. Atur waktu diri sendiri

Demikian juga dengan waktu yang yang lebih fleksibel, usaha yang dijalankan sendiri akan membutuhkan waktu sesuai dengan kemampuan dan kesempatan diri sendiri.

e. Masa depan lebih cerah 

Dengan pengelolaan usaha secara mandiri, maka dapat dikatakan bahwa masa depan diri kita ditentukan oleh usaha yang kita lakukan.

Karakteristik Bisnis

Setidaknya terdapat lima karakteristik yang bisa digunakan untuk mendefinisikan bisnis, antara lain:

  1. Lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi. Sebuah usaha atau bisnis merupakan lembaga, instansi atau organisasi sosial dan ekonomi berarti bahwa bisnis itu lakukan oleh jenis organisasi baik yang berbentuk badan hukum maupun berbentuk bukan berbadan hukum. Di dalam organisasi tersebut memiliki aturan dan ketentuan yang berlaku sesuai demi tercapainya tujuan yang telah ditentukan.
  2. Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia. Pada prinsipnya bisnis itu menjual barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.
  3. Mencari laba, profit atau keuntungan. Mencari laba, profit, atau keuntungan merupakan tujuan bisnis yang sebenarnya.
  4. Menentukan harga yang sesuai.
  5. Akan ada kemungkinan mengalami kerugian.

Pihak- Pihak yang Berkepentingan dalam Bisnis

  1. Pemilik atau owner, adalah orang atau organisasi yang memiliki hak kepemilikan sebuah usaha.
  2. Kreditor, adalah pihak yang memberikan pinjaman pendanaan kepada pemilik usaha untuk kelangsungan bisnisnya.
  3. Karyawan atau employee, baik itu karyawan operasional maupun karyawan manajerial guna membantu mencapai tujuan yang ditetapkan dalam kelangsungan bisnis yang dikelola.
  4. Pemasok atau supplier, berperan dalam menyediakan bahan baku guna memperlancar proses produksi.
  5. Pelanggan, merupakan nyawa dari adanya kegiatan berbisnis. Loyalitas dari pelanggan akan menjaga kelangsungan bisnis perusahaan. Maka dari itu, untuk tetap menarik minat pelanggan atau konsumen, maka pelaku bisnis harus terus meningkatkan kualitas dan keterjangkauan harga dari produk yang dijualnya.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button