Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Konsep Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin (5R),

Advertisement

Konsep Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin (5R). Logo 5R seperti pada gambar menunjukkan konsep ringkas rapi, resik, rawat, dan rajin yang selalu dijumpai dilingkungan kerja. Tujuannya adalah agar konsep 5R dapat selalu tercermin di dalam diri setiap pegawainya.

1. Ringkas

Dapat diartikan sebagai perilaku kerja yang selalu memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan memisahkan yang tidak diperlukan sebelum dan sesudah bekerja, disamping memahami benda atau alat apa yang masih dibutuhkan lagi dan yang tidak. 

Manfaat yang dapat diambil dari perilaku ini adalah kita dapat memahami dengan baik jumlah, kondisi dan jenis barang, alat dan bahan apa saja yang akan dibutuhkan untuk bekerja.

Advertisement

Dengan demikian, dapat meminimalisir kehilangan dan kerusakan akan suatu barang. Dengan mengetahui jumlah barang yang digunakan berarti dalam bekerja akan menekan penggunaan barang dan bahan yang berlebihan. 

Kualitas standar ringkas dapat terjaga ditandai dengan tindakan selalu melakukan pemilahan alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum dan setelah bekerja. Gunakan tanda penunjuk dapat dengan warna atau posisi letak barang agar dapat terlihat dengan jelas barang-barang yang diperlukan dan tidak diperlukan dan jika perlu dibuatkan jadwal ringkas pekerjaan yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

Artikel Terkait

Apakah kamu sudah pernah melakukan standar ringkas? Coba kamu ingat perilaku tersebut sering dilakukan atau jarang bahkan belum pernah? Mulailah dari sekarang untuk melakukan standar ringkas di setiap pekerjaan kegiatan yang kamu lakukan. 

2. Rapi

Merupakan perilaku seseorang dalam menyimpan barang sesuai dengan tempatnya. Manfaat dari perilaku kerja rapi adalah lingkungan terlihat lebih indah dan tertata sehingga menimbulkan rasa nyaman bagi pegawai yang bekerja. Penyimpanan yang benar akan memudahkan kita dalam pengambilan alat, bahan ketika dibutuhkan.

Standar kerja rapi dapat dijaga konsistensinya dengan membuat layout penempatan barang, alat dan bahan kantor, memberi batasan sesuai tempat kerja masing-masing, dan memberi label pada alat sesuai layout yang telah dibuat. Prinsip rapi apakah yang kamu lakukan di rumah atau di sekolah?

3. Resik

Merupakan perilaku kerja selalu membersihkan tempat/ lingkungan kerja, mesin/peralatan dan barang-barang agar tidak terdapat kotoran, debu atau bau. Kegiatan ini hendaknya selalu dilakukan setiap orang mulai dari pimpinan sampai kepada bawahan atau pelaksana/operator.

Advertisement

Manfaat yang dapat dilihat dari perilaku resik adalah lingkungan kerja akan terlihat bersih, sehingga dapat menumbuhkan rasa nyaman dalam bekerja. Lingkungan bersih dari debu dan bau juga akan meminimalisir atau menghilangkan sumber kontaminasi terhadap jenis makanan.

Standar kerja resik dapat diciptakan dengan pemenuhan peralatan dan bahan kebersihan di tempat kerja, adanya penanggung jawab bagian khusus kebersihan, dan resik akan lebih terjamin apabila ada kepedulian dan tindakan pegawai yang melaksanakan tugas kebersihan secara terjadwal.

Konsep Ringkas Rapi Resik Rawat dan Rajin
Konsep Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin (5R) (foto/istimewa)

4. Rawat

Prinsip rawat ini merupakan upaya perilaku mempertahankan hasil yang telah dicapai pada perilaku ringkas, rapi dan resik yang dilakukan secara konsisten. Prinsip ini akan bermanfaat apabila prinsip ringkas, rapi, dan resik sebelumnya sudah dilakukan oleh semua karyawan yang ada dilingkungan kerja.

Advertisement

Manfaat yang dapat dilihat dari prinsip rawat ini adalah peralatan akan memiliki nilai guna lebih lama, dengan demikian akan menekan biaya perawatan yang tinggi sehingga dapat menghemat biaya yang akhirnya biaya dapat digunakan untuk pengembangan usaha atau kegiatan lain.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan prinsip rawat ini adalah adanya standarisasi pekerjaan 3R yang diatur secara tertulis dan selalu dilakukan sosialisasi standar yang telah dibuat secara rutin dan terus menerus kepada karyawan.

Baca juga Pengertian dan Asas-asas Manajemen Perkantoran

Advertisement

5. Rajin

Prinsip ini dapat tercipta dengan membiasakan diri atau menerapkan prinsip 4R dalam setiap harinya. Oleh karena itu rajin akan membentuk kebiasaan seseorang dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kerja yang lebih baik.

Manfaat yang dapat dilihat dari prinsip rajin diantaranya setiap pribadi akan terlihat lebih disiplin dan menjadikan 5R sebagai budaya kerja. Standar rajin dari karyawan dapat dilihat dari komitmen dalam penerapannya di tempat kerja. Teladan atasan/pimpinan juga akan membawa pengaruh terhadap karyawan untuk melakukan prinsip rajin. 

Untuk menjadikan 5R sebagai budaya kerja maka perlu dilakukan evaluasi dalam penerapannya secara rutin sehingga hasil evaluasi ini dapat digunakan dalam pengambilan kebijakan pimpinan seperti pemberian motivasi, penghargaan atau bahkan sampai pada peringatan.

Manfaat menerapkan 5R:

  1. Membuat area kerja jadi lebih bersih, rapi, aman, dan menyenangkan.
  2. Meningkatkan pemanfaatan lantai kerja sebagai ruang penyimpanan.
  3. Meminimalisasi waktu yang terbuang untuk mencari alat kerja, material dan dokumen.
  4. Mengurangi kerusakan mesin karena peralatan selalu bersih dan terawat, sehingga membuat peralatan jadi lebih awet dan tahan lama.
  5. Menumbuhkan tanggung jawab karyawan dan rasa memiliki di area kerja.
  6. Mengurangi bahkan menghilangkan potensi bahaya atau apa saja yang menjadi penyebab umum terjadinya kecelakaan kerja.
  7. Meningkatkan produktivitas kerja. Dengan penataan material dan peralatan kerja yang baik, karyawan pun bisa bekerja lebih efektif dan efisien.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button