Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Perkembangan Revolusi Industri 4.0

Advertisement

Hal yang membawa perkembangan ilmu dan teknologi sampai saat ini adalah perkembangan pada revolusi industri. Penjelasan terkait perkembangan revolusi industri 4.0 disajikan sebagai berikut.

1. Pengertian Revolusi Industri 4.0

Pada era revolusi industri 4.0, setiap pekerjaan sangat erat dan mengintegrasikan bidang sains (science), teknologi (technology), teknik (engineering), dan matematika (mathematics) disingkat dengan STEM; internet of things (IOT), dan pembelajaran sepanjang hayat.

Pengertian revolusi industri 4.0 menurut pendapat Prasetyo dan Sutopo (2017) adalah suatu era dimana industri akan menggabungkan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan layanan konsumen secara signifikan.

Advertisement

Pendapat Presiden RI ke 7, Joko Widodo menyebutkan bahwa revolusi industri 4.0 telah mendorong inovasi-inovasi teknologi yang memberikan dampak disrupsi atau perubahan fundamental terhadap kehidupan masyarakat.

Dari ketiga pendapat di atas menegaskan bahwa perkembangan revolusi industri akan membawa dampak perubahan fundamental dalam kehidupan masyarakat saat ini dan dampaknya terhadap jenis pekerjaan mendatang akan tergantikan oleh robot atau aplikasi yang didukung oleh teknologi berbasis internet. Jadi apa pengertian revolusi industri itu? Coba rumuskan jawaban kamu di buku catatan.

Artikel Terkait

2. Sejarah Perkembangan Revolusi Industri 4.0

Dalam perkembangannya diawali dari industri manufaktur di Inggris pada tahun 1760 sampai dengan 1840 yang menggantikan tenaga manusia ke dalam tenaga mesin. Untuk itu, silahkan kamu simak video di samping, dengan cara scan (memindai) QR code menggunakan smartphone.

Setelah kamu memperhatikan isi video tersebut maka ceritakan bagaimana perkembangan revolusi industri mulai pada 1760 dan mengapa diawali pada tahun tersebut? Video berikut memberikan gambaran perkembangan revolusi industri 1.0 sampai dengan sekarang 4.0

3. Ciri Revolusi Industri 4.0

Seperti banyak yang kita dengar dari berbagai media sosial sekarang ini bahwa hal yang menandai revolusi industri generasi 4.0 ini adanya super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetic, dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia lebih mengandalkan fungsi otak dalam bekerja.  

Menurut tulisan Kusnohadi (2019), ada tiga ciri yang membedakan revolusi industri 4.0 dengan revolusi industri sebelumnya adalah:

Advertisement
Perkembangan Revolusi Industri 4.0 (foto/istimewa)

a. Inovasi

Keberadaan dan kemajuan setiap kantor dan instansi terlihat dari intensitas anggotanya melakukan inovasi. Inovasi merupakan hasil kreativitas seseorang dalam bentuk gagasan, sistem, atau produk baru yang memberi dampak pada kemajuan terhadap organisasi atau perusahaan.

b. Automasi

Revolusi industri 4.0 memberi dampak beberapa jenis pekerjaan akan mengalami disrupsi atau digantikan oleh tenaga mesin. Banyak perubahan dalam kehidupan manusia yang berubah seperti belanja online, transaksi e-banking, e-commerce dan lain sebagainya sudah berubah secara elektronik karena didukung oleh jaringan internet yang memadai.

Semua kebutuhan hidup manusia sudah banyak berubah menggunakan otomatisasi. Sehingga era yang sekarang ini dikenal dengan era digitalisasi.

Advertisement

Baca juga Ekonomi Kreatif Adalah Proses Ekonomi dengan Ide Kreatif, Yuk Simak!

c. Transformasi

Dukungan cyber internet dalam era digitalisasi ini akan mendorong transformasi informasi yang begitu cepat terjadi. Oleh karena itu, perubahan fundamental kehidupan manusia terjadi dengan cepat. Informasi yang memiliki kecepatan tinggi ini memberi peluang berbagai pihak untuk menciptakan layanan bisnis beralih ke elektronik atau digital. 

4. Dampak dan Tantangan Revolusi Industri 4.0

Dampak yang dapat dilihat dari revolusi industri antara lain adalah:

Advertisement

a. Dampak sosial

Oleh karena dalam masa ini semua proses produksi menggunakan mesin berteknologi tinggi, dan menggantikan tenaga manusia dalam dunia bisnis, tentu akan berpengaruh terhadap ketersediaan lapangan kerja, banyak jenis pekerjaan yang hilang sehingga angka pengangguran menjadi tinggi.

b. Dampak politik

Digitalisasi hampir di semua sektor kehidupan sudah berjalan. Hampir setiap orang menggunakan smartphone untuk melakukan pemenuhan kebutuhan. Arus informasi yang menjadi cepat diakses juga akan menjadikan masyarakat yang berwawasan global.

Sistem pendidikan yang sudah tidak relevan dengan sistem pendidikan sebelumnya. Angka pengangguran yang tinggi menjadi permasalahan bagi Negara untuk melakukan pembenahan di berbagai sektor kehidupan.

c. Dampak ekonomi

Beralihnya transaksi melalui online berdampak pada transaksi konvensional banyak yang tutup, namun dari segi pelaku bisnis hal ini menguntungkan karena biaya operasional yang dikeluarkan akan semakin kecil. Beban biaya tenaga kerja dapat ditekan bahkan dapat digantikan dengan aplikasi.

Revolusi industri 4.0 yang sekarang ini tengah dihadapi siap atau tidak siap harus adalah terjadi untuk itu persiapan yang juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah meningkatkan otomatisasi, artificial intelligence, membangun komunikasi machine-to-machine, human-to machine dan melakukannya secara berkelanjutan.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button