Advertisement
Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 7

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua di Jawa

Advertisement

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua di Jawa, Apabila Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu yang berkembang di pulau Kalimantan tepatnya Kalimantan Timur. Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua yang berdiri di pulau Jawa.

Kerajaan Tarumanegara diperkirakan muncul dan berkembang sekitar abad ke-5 Masehi di Jawa Barat, tepatnya di Muara Sungai Citarum, Bogor. Pengetahuan mengenai keberadaan kerajaan Tarumanagara didapatkan oleh para peneliti sejarah melalui prasasti-prasasti yang ditinggalkan kerajaan ini.

Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Sampai saat ini ada ditemukan 7 buah prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara, yaitu: prasasti Kebon Kopi, prasati Ciaruteun, prasasti PasirAwi, Prasasti Jambu, prasati Muara Cianten, dan prasasti Tugu. Prasasti-prasasti tersebut ditulis dengan menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta.

Advertisement

Selain sumber dari prasasti, pengetahuan mengenai keberadaan kerajaan Tarumanegara juga diperoleh dari catatan seorang musafir Cina bernama Fa-Hien. Fa-Hien mengisahkan kisah perjalanannya bahwa ketika ia melakukan perjalanan menuju India, ia terlebih dahulu singgah ke Ye-Po-Ti atau Pulau Jawa.

Raja yang terkenal dari Kerajaan Tarumanegara adalah Purnawarman. Melalui prasasti Tugu dituliskan bahwa untuk memajukan bidang pertanian, raja Purnawarman memerintahkan pembangunan saluran irigasi sepanjang 6112 tumbak (±11km).

Saluran ini disebut dengan saluran Gomati yang selain berfungsi sebagai sarana irigasi atau pengairan juga untuk keperluan mencegah bahaya banjir.

Baca juga Kerajaan Tarumanegara dengan Raja Mulawarman berlokasi di Jawa Barat

Untuk dapat pemahaman lebih mengenai Kerajaan Tarumanegara silahkan Ananda membaca buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud, 2016, halaman 232-233 atau buka situs, https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Peta Lokasi Kerajaan Tarumanegara (ilustrasi foto/wikipedia)

Menguraikan Keberadaan Kerajaan Tarumanegara

Setelah menyimak materi mengenai Kerajaan Tarumanegara, silahkan jawab bebarapa pertanyaan di bawah ini !

Advertisement
  1. Berdasarkan sumber sejarah berupa temuan beberapa prasasti, ditemukan tesebar di Banten, Jakarta, dan Bogor. Kelompokkan penemuan prasasti Kerajaan Tarumanegara berdasrkan lokasi daerahnya!
  2. Kerajaan Tarumanegara sangat memeperhatikan bidang pertanian, Prasasti manakah yang berhubungan dengan bidang pertanian?

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button