Advertisement
Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 7

Kerajaan -Kerajaan Hindu-Buddha yang Berkembang di Indonesia

Advertisement

Kerajaan -Kerajaan Hindu-Buddha yang berkembang di Indonesia, Lahir dan berkembangnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia merupakan satu bukti bahwa kedatangan pedagang India ke Indonesia membawa pengaruh kebudayaan yang cukup penting.

Adapun beberapa kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha di Indonesia adalah sebagai berikut.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang tumbuh dan berkembang di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur pada sekitar abad ke 4 atau ke-5 Masehi. Lokasi kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu sungai Mahakam.

Advertisement

Informasi tentang keberadaan kerajaan Kutai diketahui dari ditemukannya tujuh prasasti Yupa atau tugu batu yang berfungsi sebagai tugu peringatan. Yupa yang bertuliskan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta mengisahkan tentang silsilah raja-raja Kutai.

Raja Pertama Kutai

Melalui Yupa diketahui bahwa raja pertama kerajaan Kutai adalah Kudungga, yang kemudian digantikan oleh Aswawarman sebagai wangsakarta (pembentuk keluarga raja), dan selanjutnya digantikan oleh Mulawarman, yang menjadi raja terbesar Kerajaan Kutai.

(ilustrasi foto/kompas.com)

Satu di antara tujuh Yupa dari Kerajaan Kutai menjelaskan bahwa raja Mulawarman sebagai raja yang baik hati telah memberi sedekah sejumlah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana.

Melalui kisah tentang kaum Brahmana dan upacara keagaman penyerahan sapi yang dilakukan Raja Mulawarman ini, dapat diperkirakan bahwa kerajaan Kutai bercorak agama Hindu.

Untuk mendapat yang lebih dalam mengenai kisah kerajaan Kutai silahkan Ananda membaca buku Ilmu Pengetaguan Sosial SMP/MTs KelasVII, Kemdikbud, 2016, halaman 230-232 tentang Kerajaan Kutai melaui situs https://serupa.id

Baca juga Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

Advertisement

Pemahaman Materi

Setelah Ananda memahami materi di atas, lanjutkan untuk menjawab pertanyaan berikut!

  1. Berdasarkan sumber prasasti Yupa, mengapa Raja Aswawarman dikatakan sebagai Wangsakarta (Pembentuk Keluarga Raja)?
  2. Pada masa pemerintahan siapa kerajaan Kutai mengalami masa kejayaan? Berikan buktinya?

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button