PJJ IPS KELAS 7

Kerajaan Mataram Kuno berdiri abad ke-8 Masehi di Jawa Tengah

Kerajaan Mataram Kuno berdiri abad ke-8 Masehi dan berlokasi di wilayah Jawa Tengah. Informasi mengenai kerajaan Mataram Kuno ini diperoleh dari aksara yang tertulis di Prasasti Canggal (732 M) Prasasti Kalasan (778 M), Prasasti Karang Tengah (824 M), Prasasti Argapura (863 M), Prasasti Kedu/Mantyasih (907 M), Prasasti Ligor, Prasasti Nalanda, dan prasasti Klurak.

Kerajaan Mataram Kuno berdiri abad ke-8 Masehi, Raja pertama Mataram Kuno bernama Sanjaya, ia kemudian digantikan oleh Rakai Panangkaran. Setelah Rakai Panangkaran wafat, Kerajaan Mataram Kuno terpecah menjadi dua.

Satu kerajaan dipimpin oleh keluarga Sanjaya yang menganut agama Hindu dan berkuasa di daerah Jawa bagian selatan. Satu kerajaan lagi dipimpin oleh keluarga Syailendra yang menganut agama Buddha dan berkuasa di daerah Jawa bagian utara.

Raja-raja yang berkuasa dari keluarga Sanjaya dijelaskan dalam prasasti Canggal dan prasasti Mantyasih, sementara raja-raja yang berkuasa dari keluarga Syailendra dijelaskan melalui prasasti Ligor, prasasti Nalanda dan prasasti Klurak.

Mataram Kuno Bersatu Kembali

Perpecahan Kerajaan Mataram Kuno tidak berlangsung lama. Penyatuan kembali kerajaan terjadi setelah Rakai Pikatan, raja dari keluarga Sanjaya mengadakan perkawinan dengan Pramodhawardhani dari keluarga Syailendra.

Melalui perkawinan ini, Mataram Kuno dapat bersatu kembali. Pemerintahan PikatanPramodhawardani berhasil memperluas wilayah Mataram Kuno hingga meliputi Jawa Tengah dan Timur.

Sepeninggal Rakai Pikatan, Mataram Kuno diperintah oleh Dyah Balitung yang memerintah pada tahun 898-911 M. Pada masa pemerintahan Dyah Balitung, Mataram Kuno mencapai puncak kejayaannya.

Baca juga Kerajaan Mataram Kuno

Pemahaman Materi

Untuk memperoleh pemahaman tentang Kerajaan Mataram kuno silahkan Ananda membaca buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud, 2016, halaman 239-241 atau buka situs, https://serupa.id

Peta Lolasi Kerajaan Mataram Kuno (ilustrasi foto/wikipedia idonesia)

Setelah Ananda menyimak pemaparan materi di atas, lanjutkan untuk menjawab pertanyaan berikut !

  1. Pada masa Kerajaan Mataram Kuno, telah hidup berdampingan antara penganut agama Hindu dengan Buddha. Tunjukkan bukti kerukunan beragama tersebut!
  2. Kerajaan Mataram Kuno pecah menjadi dua yaitu keluarga Sanjaya dan Keluarga Syailendra. Uraikan raja masing-masing dari keluarga tersebut yang mencapai kejayaan berserta buktinya !
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button