Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 8

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi Berpengaruh terhadap Keamanan dan Perpecahan

Advertisement

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi Berpengaruh terhadap Keamanan dan Perpecahan. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah interaksi antar masyarakat Indonesia. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu tempat dengan cepat dapat menyebar beritanya ke berbagai lokasi. Sebagai contoh peristiwa perkelahian antar masyarakat, sangat mudah berkembang menjadi perkelahian antar kelompok, bahkan antar etnis. Perkelahian yang sebenarnya disebabkan oleh masalah yang sepele, kemudian bisa saja diberitakan dengan dibumbui cerita yang tidak benar. Akhirnya masyarakat terpancing emosinya dan pecah perkelahian antar kelompok. Kamu harus selalu hati-hati menerima kabar melalui telepon maupun internet. Kamu harus selalu bijak dalam melihat suatu permasalahan.

Photo Charles Babbage (1792-1871) yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer

Mengenal Tokoh

Penemu Komputer, Charles Babbage (1792-1871) adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diterapkan. (Sumber: http://global.britannica.com/ )

Renungkan!

Salah satu kunci keberhasilan abad XXI adalah penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Karena itu kamu harus selalu mempelajari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Indonesia harus selalu unggul dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu cara untuk memenangkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi adalah kemajuan ilmu. Karena itu kamu harus belajar giat dan sekolah setinggi-tingginya agar mampu membawa Indonesia unggul dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

Advertisement
Soal Latihan
  1. Jelaskan pengaruh lokasi Indonesia terhadap kegiatan ekonomi masyarakat di lokasi tempat tinggalmu!
  2. Jelaskan beberapa hal cara menjaga keamanan dan kenyamanan tranportasi bus umum!
  3. Coba Kamu analisis, mengapa pulau Jawa sarana dan prasarana transportasi lebih lengkap dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia?
  4. Manakah yang lebih menguntungkan sarana transportasi kereta api dan truk untuk transportasi barang apabila dikembangkan di daerah tempat tinggalmu?
  5. Apabila kamu menjadi polisi, apa yang akan kamu lakukan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas di jalan raya?
  6. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi Berpengaruh terhadap Keamanan dan Perpecahan coba jelaskan?

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button