Advertisement
Advertisement
Ekonomi

Kebijakan penetapan harga

Advertisement

Kebijakan penetapan harga. Keputusan penetapan harga suatu perusahaan mencerminkan tujuan penetapan harga yang ditetapkan manajemennya.

Walau tujuannya beraneka ragam, namun secara keseluruhan penetapan harga yang tepat diharapkan dapat dijangkau oleh para penjual dalam memasarkan produknya. Tujuan penetapan harga: 

a) Memaksimalkan laba

Penetapan harga yang berorientasi pada peningkatan laba perusahaan dari total unit produk yang terjual. Harga ditetapkan berdasarkan pertimbangan penerimaan penjualan terhadap biaya yang harus dikeluarkan.

Advertisement

Pertimbangan mengenai efisiensi sumber daya perusahaan menjadi pertimbangan utama dalam menetapkan harga untuk mencapai tingkat return on sales atau investasi modal yang diharapkan.

b) E-business

Penetapan harga untuk pemasaran secara e-business harus mempertimbangkan berbagai komponen biaya dan kesadaran konsumen (customer awareness) yang mungkin berbeda dengan konsumen konvensional.

Harga internet bisa lebih murah karena kemampuan internet dapat memberikan hubungan langsung dengan pelanggan yang mengurang biaya intermediasi melalui perantara.

c) Pangsa pasar

Dalam jangka panjang perusahaan harus mendapatkan laba dari penjualan produk mereka. Akan tetapi untuk meningkatkan pangsa pasar suatu produk baru, suatu perusahaan dapat menetapkan harga yang lebih rendah untuk dapat melakukan penetrasi pasar sehingga memperoleh pangsa pasar yang besar.

Dengan pangsa pasar yang besar, diharapkan tingkat penjualan akan tinggi sehingga meningkatkan total laba yang diterima oleh perusahaan.

d) Menutupi kerugian usaha

Perusahaan pada saat kondisi sulit kadang menetapkan harga jual untuk menutupi kerugian yang akan dialami perusahan.

Advertisement

Pada saat kondisi perekonomian sedang mengalami krisis, ketahanan perusahaan dipertahankan dengan menetapkan harga yang lebih rendah sehingga memperoleh pendapatan yang dapat digunakan untuk bertahan dan beroperasional

1 Penetapan Harga Berdasarkan Biaya

Penetapan harga berorientasi biaya mempertimbangkan kebutuhan perusahaan untuk memperoleh laba dengan mempertimbangkan biaya produksinya. Perusahaan menentukan laba yang diharapkan dan menambahkan persentase laba tersebut dalam komponen harga yang ditentukan.

a. Penetapan harga cost plus

Penetapan harga produk oleh perusahaan dengan menambahkan suatu kisaran angka tertentu pada biaya produk agar dapat menjualnya dengan memperoleh laba yang diharapkan. 

Advertisement

b. Analisis titik impas (cost volume profit analysis)

Kebijakan penetapan harga. Perusahaan menetapkan harga jual suatu produk dengan pertimbangan pengeluaran biaya produksi.

Perusahaan menentukan titik impas produksi (break even point) yang menggambarkan posisi perusahaan tidak mengalami kerugian atau memperoleh keuntungan dengan menjual produk sejumlah yang tertera pada titik impas.

Perusahaan akan memperoleh keuntungan apabila penjualan produk melebihi titik impas dan rugi apabila dibawah kuantitas titik impas.Penentuan titik impas perlu memperhatikan seberapa kemampuan pembeli untuk membayar harga yang kita tawarkan dan harga persaingan produk.

Advertisement

2 Berdasarkan persepsi pembeli

Penetapan harga berdasarkan persepsi pembeli merupakan penetapan harga yang dilakukan berdasarkan informasi dari konsumen. Konsumen memiliki gambaran tentang manfaat yang diperoleh dari suatu produk dan biaya yang mau mereka keluarkan untuk membeli produk tersebut.

Perusahaan menggunakan persepsi konsumen tersebut sebagai pertimbanan utama menetapkan harga jual produknya selain komponen tambahan lain untuk harga sehingga harga yang ditetapkan akan lebih bisa diterima oleh konsumen karena sesuai dengan persepsinya.

Baca juga Harga Pasar (Harga Keseimbangan) antara Penjual dan Pembeli

3 Berdasarkan persaingan

Penetapan harga persaingan memperhatikan pesaing perusahaan dalam penetapan harga produk. Strategi harga relative pricing dilakukan perusahaan dengan menetapkan harga jual produk berada diatas, dibawah atau sama dengan harga pada tingkat persaingan yang ada. 

Penetapan harga dengan metode follow the leader (mengikuti pemimpin) suatu perusahaan tidak menetapkan harga sendiri namuan bereaksi menyesuaikan harga dari pemimpin pasar yang ada sehingga tidak terjadi persaingan harga. 

Gambar. Pembentukan Harga Produk (foto/istimewa)
Gambar.  Pembentukan Harga Produk (foto/istimewa)

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button