PJJ IPS KELAS 9

Kaum Muda Yang Berbakat Memiliki Kreatifitas Tinggi

Kaum Muda Yang Berbakat Memiliki Kreatifitas Tinggi, Lihatlah sebenarnya betapa berkualitasnya sumber daya manusia kaum muda Indonesia yang berbakat memiliki kreatifitas tinggi, ini baru salah satu contohnya masih banyak pemuda-pemuda yang mana mereka sudah terjun didunia industri kreatif ini.

Sekitar 6 juta pemuda sudah masuk kedalam industri kreatif ini, jumlah ini setengah pemuda indonesia saja belum. Jika dibayangkan bila pemuda Indonesia setengahnya atau ¾ terjun ke industri kreatif, membuat sebuah inovasi dengan ide-ide fresh mereka.

Bisa dibayangkan berapa banyak pengangguran yang terselamatkan, selain meningkatkan nilai ekonomi dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terdapat empat prinsip yang diperlukan dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, sebagai berikut :

  • Pertama, Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Kedua, Peningkatan literasi mengenai pola pikir desain (design thinking).
  • Ketiga, Pelestarian seni dan budaya sebagai inspirasi.
  • Keempat, Pengembangan dan pemanfaatan media sebagai saluran distribusi dan presentasi karya dan konten kreatif.

Contoh Produk Kreatif Anak Muda Indonesia yang Mendunia antara lain, Keripik Maicih, kopi Luwak Lanang, Pisang Ijo “Justmine” dan tas Evrawood. Produk-produk tersebut telah sukses di pasaran baik dalam maupun luar negeri.

Menjelaskan manfaat ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif telah membawa perubahan yang cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia karena dengan adanya perubahan tersebut, tumbuhlah industri ekonomi yang dapat memenuhi tuntutan pasar.

Perubahan ekonomi ini bermanfaat untuk memunculkan inovasi baru yang tentunya dapat memenuhi permintaan pasar. Manfaat ekonomi kreatif telah dirasakan oleh negara Indonesia saat ini karena negara Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai nilai kreatifitas tinggi.

Manfaat ekonomi kreatif di Indonesia mayoritas berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada industri seni ekonomi kreatif seperti seni, musik, fashion, dan periklanan. Salah satu contoh ekonomi kreatif yang dewasa ini berkembang pesat adalah e-comerce.

Baca juga Peta Pergerakan Tentara Jepang Ketika Masuk ke Indonesia

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button