Khutbah JUMATRamadhan

Imam Besar terkenal di Masjidil Haram

ADVERTISEMENT

Imam Besar terkenal di Masjidil Haram. Imam Besar Masjidil Haram adalah jabatan tertinggi dalam hierarki kepemimpinan di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Seorang Imam Besar dipilih oleh Raja Arab Saudi dan biasanya menjabat untuk jangka waktu tertentu.

Tugas seorang Imam Besar Masjidil Haram adalah memimpin jamaah dalam ibadah sholat lima waktu, sholat Jumat, dan ibadah-ibadah lain yang dilaksanakan di Masjidil Haram, seperti ibadah haji dan umrah. Selain itu, seorang Imam Besar juga bertanggung jawab untuk memberikan khutbah pada sholat Jumat dan merespons berbagai isu terkait dengan agama dan umat Islam.

Beberapa Imam Besar terkenal di Masjidil Haram antara lain:

  • Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais,
  • Sheikh Saleh Bin Humaid,
  • Sheikh Ali Jaber,
  • Sheikh Abdurrahman As-Sudais,
  • Sheikh Bandar Baleelah, dan lainnya.

Setiap Imam Besar memiliki gaya dan karakteristik unik dalam membimbing umat Islam dalam ibadah mereka di Masjidil Haram.

A. Sheikh Dr. Sudais (Abdul Rahman Al-Sudais)

Imam Besar Masjidil Haram saat ini adalah Sheikh Dr. Sudais (Abdul Rahman Al-Sudais). Ia menjabat sebagai Imam Besar sejak tahun 2012. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Imam Besar Masjid Nabawi di Madinah. Sheikh Sudais dikenal sebagai seorang ulama yang berpengaruh dan terkemuka di dunia Islam, selain sebagai imam Masjidil Haram, ia juga aktif dalam menyampaikan ceramah, kajian, dan dakwah Islam.

Sheikh Sudais lahir pada tanggal 10 Februari 1960 di Riyadh, Arab Saudi. Beliau memulai pendidikan agamanya sejak usia dini, dan mendalami ilmu Qur’an dan Hadits di bawah bimbingan ayahnya sendiri, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, Sheikh Sudais melanjutkan studinya di Universitas Raja Saud di Riyadh, dan lulus dengan gelar Sarjana dalam bidang Syariah.

Baca juga APA PENDAPAT ULAMA MENGENAI MEROKOK SAAT PUASA RAMADHAN?

Sebelum ditunjuk sebagai Imam Besar Masjidil Haram, Sheikh Sudais telah memimpin sholat di masjid tersebut sejak tahun 1984. Selain itu, beliau juga memiliki pengalaman dalam pengajaran dan penyiaran dakwah Islam, termasuk sebagai pengajar di Universitas Raja Saud dan penyiar di Radio dan Televisi Arab Saudi. Selain itu, Sheikh Sudais juga aktif dalam kegiatan sosial dan amal, termasuk mendukung program-program pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sebagai Imam Besar Masjidil Haram, Sheikh Sudais bertanggung jawab untuk memimpin ibadah sholat lima waktu dan sholat Jumat di masjid terbesar di dunia tersebut. Selain itu, beliau juga memimpin sholat di berbagai acara besar seperti sholat Idul Fitri dan Idul Adha, serta memimpin ibadah haji dan umrah. Sheikh Sudais juga dikenal dengan suara merdunya dalam membaca Al-Quran, yang membuat jamaah merasa khusyuk dan terharu dalam ibadah mereka.

Gambar. Imam Besar terkenal di Masjidil Haram (ft/istimewa)
Gambar. Imam Besar terkenal di Masjidil Haram (ft/istimewa)

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button