Advertisement
Advertisement
Ekonomi

Ilmu ekonomi membahas Tentang kebutuhan manusia dan cara-caranya

Advertisement

Ilmu ekonomi membahas tentang kebutuhan manusia dan cara-caranya, memenuhi kebutuhannya juga mengatasi kelangkaan, dengan mencari cara yang paling tepat, hemat dan berdayaguna dalam pemenuhan kebutuhan manusia yang tak terbatas. 

Ilmu ekonomi membahas tentang kebutuhan, Sehingga timbullah istilah “berbuat ekonomis”, yang artinya berbuat sesuatu untuk mencegah pemborosan, karena dengan pemborosan dalam penggunaan alat pemenuhan kebutuhan manusia akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Membedakan Kebutuhan dan Keingginan 

Seringkali tidak mudah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sebagai contoh, jika makanan dikategorikan sebagai kebutuhan, maka apakah es krim double chocolate adalah kebutuhan? 

Advertisement

Jika pakaian adalah kebutuhan, maka apakah T-shirt merek Nike keluaran terbaru juga adalah sebuah kebutuhan. 

Secara sederhana kebutuhan dapat didefinisikan sebagai “sesuatu yang harus diperoleh untuk dapat bertahan hidup (survive) dan melakukan kegiatan sehari-hari” sedangkan keinginan adalah “sesuatu yang ingin dimiliki, yang jika tidak dimiliki seseorang masih dapat bertahan hidup”. 

Oleh karena itu, pada dasarnya hanya ada empat hal yang dapat dikategorikan sebagai kebutuhan untuk dapat bertahan hidup: 

  1. Rumah untuk tempat bernaung. 
  2. Makanan dan minuman yang cukup. 
  3. Perawatan kesehatan dasar 
  4. Pakaian yang layak 

Rumah memberikan perlindungan dari hawa panas dan dingin, dari sengatan sinar matahari dan hujan, serta dari gangguan binatang-binatang. Tanpa makanan dan minuman yang cukup seseorang tidak akan mampu untuk bertahan hidup layak. 

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air sehingga tanpa air yang cukup seseorang tidak akan bertahan. Makanan yang cukup dibutuhkan agar seseorang mendapatkan cukup energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

Perawatan kesehatan dasar dibutuhkan agar seseorang dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang dapat mengancam hidup seseorang. Sebagai contoh, penyakit cacar jika tidak mendapatkan perawatan yang memadai dapat menyebabkan kematian. 

Advertisement

Demikian juga dengan pakaian, selain melindungi tubuh seseorang juga berfungsi untuk menjaga harkat dan martabat hidup seseorang. 

Yang Dikategorikan Keinginan 

Segala sesuatu diluar ke-empat hal tersebut dikategorikan sebagai keinginan, misalnya: rumah yang megah, pakaian bermerek terkenal, kudapan (snacks, fast foods and drinks), dan berbagai jenis kendaraan mewah/bermerek terkenal. 

Namun jika anda terdampar disebuah pulau terpencil dan anda hanya memiliki sebatang coklat (yaitu snacks), maka coklat tersebut menjadi kebutuhan. 

Advertisement

Baca juga Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

Demikian juga dengan kendaraan, dapat berubah menjadi kebutuhan, jika keberadaannya merupakan syarat agar seseorang dapat menjalani kehidupan sehari-harinya secara layak, misalnya untuk mengantar seseorang ke rumah sakit, digunakan untuk pergi ke tempat kerja untuk mendapatkan penghasilan. 

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button